by

TNI Memiliki Strategi untuk Antisipasi Kebakaran Hutan

TNI Memiliki Strategi untuk Antisipasi Kebakaran Hutan

Bulatin.com TNI mempersiapkan taktik khusus untuk menghadapi kebakaran rimba serta tempat atau Karhutla di lokasi Sumatera Selatan. Hal seperti ini dikerjakan supaya kabut asap tidaklah sampai mengganggu pelaksanaan Asian Games 2018.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan, taktik yang disediakan adalah dengan memakai Tehnologi Modifikasi Cuaca atau TMC dan membasahi tempat gambut yang kering sampai menahan terjadinya Karhutla.

” Perkiraan Karhutla telah kita antisipasi dengan lakukan usaha mencegah. Kita miliki ide pembasahan tempat gambut yang dikerjakan dari hawa, ” katanya.

Menurut Hadi, monitor kebakaran tempat gambut dikerjakan sehari-hari saat 24 jam dengan tempatkan pasukan yang tidur didalam rimba. Serta berdasar pada perkiraan, ada 55 desa yang punya potensi riskan Karhutla.

Sesaat berdasar pada data Tubuh Meteorologi, Klimatologi serta Geosifika (BMKG), ada siklon di lokasi Filipina yang dapat jadikan alat bantu pemadaman titik api. Siklon tersebut akan digunakan untuk disemai supaya berlangsung hujan di lokasi Sumatera Selatan.

” TMC yang dikerjakan semenjak 30 Juli 2018 cukuplah efisien dalam penanggulangan Karhutla. Akhirnya 2 kali hujan buatan dapat mematikan titik api, ” kata Hadi.

Buat Hadi, Asian Games 2018 di Jakarta serta Palembang adalah moment besar serta strategis. Dia tidak mau persoalan Karhutla jadi sorotan dunia serta menyebabkan Indonesia jadi cemoohan negara lain .

” Di Asian Games kita bukan sekedar mencari pemenang moment. Bagaimana kita dapat mengamankan pada ancaman, masalah serta kendala pelaksaan Asian Games itu juga tidak kalah penting . Karhutla ini bukan sekedar menganggu Asian Games, tetapi akan memunculkan penyakit, ” tuturnya.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan, selain usaha perlakuan pihaknya juga menindaktegas pelaku pembakaran tempat. Dia pastikan akan tidak mentolerir siapa saja yang menyebabkan terjadinya Karhutla.

” Kami optimistis Asian Games dapat dikelola dengan sukses. Satgas yang di pimpin Danrem juga saya lihat kapasitasnya telah sangat bagus dengan menyertakan semua bagian, ” katanya.

Hujan yang berlangsung di lokasi Sumatera Selatan memang jelas menolong petugas. Dari gambar yang beredar banyak di sosial media, tampak petugas pemadam kebakaran rimba serta tempat lakukan sujud sukur atas hujan yang mengguyur Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyu Asin, Sumatera Selatan. Api kebakaran secara langsung padam sesudah hujan cukuplah deras.