by

Trump Mengatakan Bahwa Dirinya Bisa Berteman Baik Dengan Pemimpin Korut

Trump Mengatakan Bahwa Dirinya Bisa Berteman Baik Dengan Pemimpin Korut

Bulatin.com – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menyebutkan kalau dia ‘mungkin’ juga akan mempunyai hubungan yang begitu baik dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Pernyataan ini jauh berlainan karena sampai kini ke dua pemimpin negara itu sering berseteru masalah program nuklir Korea Utara.

Trump mengatakan Kim jadi ‘maniak’ serta ‘manusia roket’, sementara Kim menanggapinya dengan mengatakan Trump ‘pria tua gila’.

” Saya mungkin saja mempunyai hubungan yang begitu baik dengan Kim Jong Un. Saya mempunyai hubungan dengan adanya banyak orang. Saya fikir beberapa orang juga akan terkejut, ” kata Trump, seperti dikabarkan Reuters, Jumat 12 Januari 2018.

Saat di tanya apakah Trump sudah bicara dengan Kim, Trump menyebutkan kalau dia tidak ingin berkomentar tentang hal tersebut. ” Saya tidak mau menyebutkan telah bicara atau belum juga. Saya cuma tidak ingin berkomentar, ” katanya.

Pada November lalu, Trump dalam kunjungannya ke Vietnam menyebutkan kalau berteman dengan Kim ‘mungkin yaitu hal yang aneh’, tetapi itu mungkin berlangsung.

Pernyataan Trump ini di keluarkan sesudah Korea Utara serta Korea Selatan pada 9 Januari lalu membuat perbincangan pertama mereka mulai sejak dua tahun yang lalu. Trump menyebutkan kalau Amerika bersedia untuk bicara dengan Korut, dalam kondisi yang tepat.

Ia juga menyebutkan, Amerika serta Korea Selatan juga akan tunda latihan militer sampai gelaran Olimpiade Musim Dingin bulan depan di Korea Selatan usai diselenggarakan, hingga dapat kirim ‘pesan yang baik’ untuk Korea Utara.