by

Tujuan Uji Coba Timnas Indonesia U-16 Bukan Kemenangan Melawan ASIOP

Kemenangan kembali diraih Timnas Indonesia U-16 dalam laga uji coba. Kali ini, tim asuhan Bima Sakti Tukiman itu menang 3-0 atas ASIOP di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (25/12/2019).

Tiga gol kemenangan Timnas Indonesia U-16 semuanya diborong Ahmad Athallah Araihan. Sebelumnya pada Senin (23/12) lalu, skuat Garuda Muda juga menang 5-3 atas Top Skor Indonesia.

“Sebenarnya kita bukan soal menang kalahnya. Tapi yang penting pemain ada berkompetisi, ada uji coba, karena memang di bulan Desember ini kita belum dapat tim yang levelnya diatas gitu,” ujar Bima usai laga.

“Bukan mengecilkan ASIOP, tapi memang sebenarnya kita mau internal game. Tapi pemain kan sebagian harus kita pulangkan karena merayakan Natal. Jadi yang non muslim mereka pada pulang sehingga kita tidak cukup kalau mau main internal game,” katanya menambahkan.

Adapun, uji coba ini merupakan bagian dari program pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-16 di bulan Desember. TC tersebut dilakukan sebagai persiapan menghadapi Piala AFF U-16 dan Piala AFC U-16 2020.

Pada Januari 2020, Timnas Indonesia U-16 akan kembali melakukan TC. Selain itu juga bakal ada agenda uji coba internasional.

“Setelah uji coba ini kita libur untuk tahun baru. Kemudian nanti di pertengahan bulan Januari kita akan kumpul lagi untuk persiapan lawan India,” tutur Bima.

“Kemungkinan besar di tanggal 23 dan 29 karena mereka minta dua kali main. Untuk tempatnya yang pasti di Indonesia. Soal venuenya kemungkinan tempat venue yang akan digelar untuk Piala Dunia U-20 2021 nanti. Jadi sekalian untuk uji coba mereka,” imbuhnya.