by

Usai Indonesia Terjadi Gempa Negara Lain Juga Dilanda Gempa Bumi

Usai Indonesia Terjadi Gempa Negara Lain Juga Dilanda Gempa Bumi

Bulatin.com – Sesudah Indonesia, Amerika serta Jepang, kesempatan ini giliran Rusia yang diguncang gempa bumi. Badan Survei serta Geologi Amerika atau USGS, mencatat berlangsung lebih dari tiga kali gempa, dengan magnitude paling besar 6, 4 Skala Richter.

Dalam website resminya, USGS mengatakan, gempa mengguncang Rusia pada jam 02 : 10 : 33 UTC (waktu universal), Kamis, 25 Januari 2018.

Tempat gempa ada pada koordinat 55. 403°N 166. 478°E, atau 38 km. samping timur laut lokasi Nikolskoye, Rusia, pusat gempa ada di kedalaman 8, 8 km..

Walau tak ada peringatan ancaman gelombang tsunami selesai berlangsung gempa, tapi USGS merekam, dalam satu jam berselang, berlangsung empat gempa susulan yang, yaitu bermagnitude 4, 7 SR pada jam 02 : 27 : 56 UTC, bermagnitude 4, 2 SR pada jam 02 : 56 : 38 UTC, bermagnitude 4, 7 pada jam 03 : 02 : 21 UTC serta gempa dengan magnitude 4, 4 SR pada jam 03 : 24 : 40 UTC, untuk gempa paling akhir tempat ada dekat lokasi Ozernovskiy, Rusia.

Tempat gempa Rusia masih tetap ada dalam zona cincin api Pasifik atau Pacific Ring of Fire. Zona tapal kuda di Samudera Pasifik, tempat dimana 90 % gempa bumi didunia berlangsung.

Sebelumnya, gempa dengan magnitude cukup besar juga mengguncang Jepang, yaitu bermagnitude 6, 2 SR, tempat gempa berjarak 92 km. dari lokasi Matsu.

Gempa yang mengguncang Rusia serta Jepang ini, menguatkan analisis beberapa pakar geologi dunia dan Badan Pengurangan Resiko Bencana PBB atau United Nations Office for Disaster Risk Reduction mengenai Pacific Ring of Fire yang masih tetap aktif serta masih tetap menyebarkan ancaman bencana geologi gempa dan gunung meletus.

Di ketahui, UNISDR keluarkan pernyataan analisis itu, sesudah mencermati berlangsung rangkaian bencana alam gempa di Indonesia serta Amerika, dan meletusnya dua gunung di Jepang serta Filipina.