by

Wajib Militer Menanti Para Pemain Korea Selatan Usai Tersingkir

Wajib Militer Menanti Para Pemain Korea Selatan Usai Tersingkir

Bulatin.com –¬†Korea Selatan adalah salah satu negara di dunia yang menerapkan wajib militer kepada seluruh pria. Tak terkecuali para bintang sepakbola Korea Selatan, termasuk winger tajam Timnas Korea Selatan dan Tottenham Hotspur, Son Heung-Min.

Son gagal mengantar Korea Selatan lolos dari fase grup Piala Dunia 2018. Tergabung di Grup F, Korea Selatan dua kali menelan kekalahan atas Swedia dan Meksiko.

Armada The Taeguk Warriors memang sempat membuat kejutan saat secara dramatus mampu mengalahkan juara bertahan, Jerman. Sumbangan satu gol Son dan Kim Young-Gwon, membuat Jerman harus tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Meski demikian, Son dianggap belum bisa memberikan kontribusi besar untuk skuat Timnas Korea Selatan. Oleh sebab itu, Son disebut tetap akan terkena wajib militer, yang diwajibkan kepada seluruh pria di Korea Selatan sebelum usia 28 tahun.

Menurut laporan Sportskeeda, Son yang Juli nanti akan genap berusia 26 tahun harus segera mendaftar wajib militer dan diprediksi akan meninggalkan Tottenham Hotspur. Sebab, proses wajib militer di Korea Selatan akan memakan waktu dua tahun.

Namun, Son bisa saja terbebas dari wajib militer andai mampu mengantar Korea Selatan meraih medali emas di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Sebelumnya, 23 pemain Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002 pernah dibebaskan wajib militer.

Saat itu, Korea Selatan yang menjadi tuan rumah dan dipimpin pelatih kawakan, Guus Hiddink, sukses menembus babak semifinal. Sayang, gol tunggal bintang Timnas Jerman saat itu, Michael Ballack, membuat Korea Selatan gagal ke final. Lalu, Korea Selatan juga kalah dari Turki dalam perebutan tempat ketiga.

Nama-nama legenda hidup yang menjadi bintang di Piala Dunia 2002 seperti Park Ji-Sung, Lee Young-Pyo, Ahn Jung-Hwan, atau Lee Dong-Gook, sama sekali tak merasakan wajib militer.