by

Wiranto Mengatakan Hoax Itu Teror

Wiranto Mengatakan Hoax Itu Teror

Bulatin.com – Menteri Koordinator Bagian Politik, Hukum, serta Keamanan, Wiranto, minta deretan keamanan serta pertahanan negara, melawan hoaks atau berita bohong yang banyak berseliweran mendekati pemilu, menjadi bentuk intimidasi teror.

Menurut Wiranto, hoaks yang pentingnya sangat beredar banyak melalui sosial media, tidak ubahnya menjadi bentuk intimidasi teror, sebab adalah teror psikologis pun pada penduduk.

“Saya duga (hoaks) ini teror, meneror psikologi penduduk. Oleh karenanya, ya kita hadapi menjadi intimidasi teror. Selekasnya kita tangani dengan beberapa cara tegas, tetapi bertopang pada hukum,” tutur Wiranto dalam pertemuan video dengan aparat keamanan serta pertahanan semua Indonesia di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu, 20 Maret 2019.

Bekas Panglima TNI ini menyatakan, hoaks sendiri termasuk intimidasi yang baru tampil di beberapa pemilu paling akhir. Intimidasi itu dipandang beresiko pun sebab dapat lebih gampang merubah sikap penduduk hanya untuk kepentingan politik.

“Kita ketahui jika sekarang ini, cukuplah ramai hoaks. Kita melawan intimidasi baru yang pada pemilu-pemilu lalu tidak ada,” tutur Wiranto.

Ada dalam pertemuan video, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Wakil Kepala BIN Letnan Jenderal TNI Teddy Lhaksmana Widya Kusuma, Ketua KPU Arief Budiman, dan Ketua Bawaslu Abhan.