by

WNA Asal Selandia Baru Pendaki Merbabu Hilang

WNA Asal Selandia Baru Pendaki Merbabu Hilang

Bulatin.com – Sampai hari ke tiga pencarian, tim SAR paduan belum temukan Andrey Voytech (39 tahun), seseorang warga negara Selandia Baru yang hilang di Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Pendaki asing itu dilaporkan hilang pada Sabtu, 1 April 2018 kemarin.

Menurut Kepala Basarnas Jateng, Noer Isrodin Muchlisin, mulai sejak dilaporkan hilang tim SAR Gabungan sudah lakukan pencarian yang diperluas sampai ke Pos 2 Gunung Merbabu. Tetapi pihaknya belum temukan kehadiran Andrey.

” Pada hari Sabtu sampai Senin tempo hari, tim sudah lakukan pencarian di sekitaran area Pos 1 pendakian jalur Thekelan tempat paling akhir Andrey tampak, tetapi tidak juga temukan, ” kata Noer, Rabu, 4 April 2018.

Ia mengatakan, pencarian dikerjakan oleh sekita 120 personil SAR gabungan. Tim dibagi dalam 6 Search and Rescue Unit (SRU) serta disebar ke 4 titik pencarian dari sekitaran Pos 1 sampai Pos 2 pendakian. ” Tim pernah menjumpai jurang, tetapi sesudah diobservasi, survivor tak ada di sana, ” tuturnya.

Lalu untuk hari ini, sistem pencarian selalu dikerjakan sampai survivor itu diketemukan. Pencarian dengan menyisir beberapa area gunung yang belum juga dikerjakan penyisiran oleh tim.

” Pencarian selalu dikerjakan dengan penyapuan dari puncak Merbabu, ” tambah dia.

Andrey Voytech dilaporkan hilang pada hari Sabtu lantas rekanan dari negaranya bernama Sistha. Dilaporkan kalau Andrey naik ke Gunung Merbabu pada Jumat pagi, 30 Maret 2018. Tetapi sesudah satu hari ke gunung, pendaki asing itu tidak juga kembali.

Pendaki asal Batang pernah lihat survivor di area Pos 1 pada Jumat sore. Tetapi nyatanya itu yaitu paling akhir kali Andrey tampak.