by

Xavi Hernandez Tidak Bisa Memperkuat Timnas Catalan

Xavi Hernandez Tidak Bisa Memperkuat Timnas Catalan

Bulatin.com – Bekas pemain dari klub raksasa Liga Spanyol, Barcelona ini gagal ikut memperkuat Tim nasional Catalan di pertandingan pertemanan kontra Tim nasional Venezuela sebab tidak diperbolehkan klubnya sekarang ini, Al Sadd.

Xavi Hernandez yang sempat jadi andalan Tim nasional Spanyol serta sekarang sudah berumur 39 tahun, sebetulnya telah pensiun dari sepakbola internasional bersama dengan Gerard Pique. Tetapi, dua pemain yang saling jadi simbol Barcelona itu dengan mengagetkan dikabarkan kembali pada timnas, bersama dengan Tim nasional Catalan.

Buat Tim nasional Catalan, pertandingan menantang Venezuela bahkan juga disebutkan menjadi ‘laga sangat penting pada sebuah dekade terakhir’, menjadi satu team yang mewakili satu lokasi otonomi di Spanyol.

Akan tetapi, beberapa klub ‘non-Catalan’ melarang beberapa pemain mereka untuk masuk dengan tim itu mendekati pertandingan pertemanan kontra Venezuela, sebab memandang pertandingan ini tidak disadari dengan internasional. Tim nasional Venezuela sendiri awal mulanya sukses menaklukkan Argentina – yang diperkokoh bintang Barcelona, Lionel Messi, dengan skor 3-1 di minggu lalu.

Sekarang, Xavi Hernandez juga akan mangkir dalam pertandingan pada Catalan kontra Venezuela yang gagasannya akan berjalan di Girona, Selasa (26/3) dini hari WIB, sebab komitmennya pada klub Qatar yang saat ini dibelanya, Al Sadd.

“Dengan menyesal saya menginformasikan, saya akan tidak mengambil sisi di Montilivi untuk laga pertemanan pada Tim nasional Catalan dengan Venezuela,” demikian ungkap Xavi dalam account Instagram-nya.

“Komitmen saya pada klub saya, tidak memperbolehkan saya untuk pergi. Saya mengharap, lain waktu saya dapat berada di sana bersama dengan kalian semua. Di Qatar, kita mesti terlebih dulu menyenangkan hati beberapa supporter,” lebih Xavi.

Pelatih Tim nasional Catalan, Gerard Lopez, mengakui tidak menaruh dendam walaupun beberapa pemain tidak dapat membela timnya di pertandingan menantang Venezuela. “Saya berupaya menyesuaikan diri saya menjadi pelatih mereka, serta saya tidak ada masalah untuk memahami keadaan mereka. Mereka begitu repot,” tutur Lopez.

Xavi awal mulanya bermain dalam 133 laga untuk Tim nasional Spanyol, turut memenangi titel Piala Dunia 2010 serta dua titel juara Piala Eropa di tahun 2008 serta 2012. Tetapi, Xavi lalu pensiun dari dunia sepakbola internasional sesudah kekalahan yang berlangsung di Piala Dunia 2014, dimana Spanyol telah angkat koper semenjak di set grup putaran final yang diselenggarakan di Brasil.