by

2 Pendaki Gunung Dempo Dikabarkan Hilang

2 Pendaki Gunung Dempo Dikabarkan Hilang

Bulatin.com – Dua pendaki Gunung Dempo Pagaralam, Sumatera Selatan, dinyatakan hilang. Tim SAR masih tetap melakukan pencarian beberapa korban di lokasi.

Korban yang hilang bernama Karoline (17) dan laki-laki Sunar (50). Peristiwa itu berlangsung waktu kedua korban dengan 13 anggota keluarganya turun gunung, Jumat (27/4) siang.

Mendadak, kedua korban pingsan lalu terpisah dari rombongan. Keluarga berupaya mencari keberadaan kedua korban akan tetapi tidak berhasil. Akhirnya mereka melapor ke kantor SAR Pagaralam.

Humas SAR Palembang Willy Dayu mengungkap, sekarang ini tim gabungan dari tim Rescue Pos SAR Pagaralam, BPBD, dan kepolisian setempat sedang melakukan pencarian.

” Ya, kita dapat laporan adanya keadaan membahayakan jiwa manusia, dua orang pendaki pingsan dan terpisah dari rombongan, ” ungkap Dayu, Jumat (27/4).

Sementara itu, Kepala Pos Pemantauan Gunung Dempo, Mulyadi menyebutkan, pihaknya belum mengetahui adanya pendaki yang hilang. Sebab, beberapa pendaki tidak melapor waktu melakukan pendakian.

” Saya baru baca dari grup WA (WhatsApp) saja. Memang pendaki tidak laporan, jadi tidak terpantau, ” kata Mulyadi.

Dikatakannya, mulai sejak November 2017 lalu, pihaknya sudah melarang pendakian ke Gunung Dempo karena statusnya berada di waspada level dua. Pendakian hanya diperbolehkan batas radius tiga kilometer dari puncak.

” Keadaan gunung berbahaya untuk pendakian, sudah kita ingatkan warga, akan tetapi mereka tetap ngotot, meskipun sebenarnya membahayakan, ” pungkasnya.