by

Andrea Meza Wakil Meksiko Juara Miss Universe 2020

Miss Mexico Andrea Meza dinobatkan sebagai Miss Universe 2020. Ia pun menjadi perempuan Meksiko ketiga yang berhasil merebut mahkota kontes ratu kecantikan sejagad itu.

Sempat tertunda karena pandemi COVID-19, Miss Universe 2020 akhirnya digelar juga. Tahun ini, Amerika Serikat kembali menjadi tuan rumah perhelatan Miss Universe.Sebanyak 74 kontestan dari seluruh penjuru dunia beradu bakat, intelektual dan penampilan untuk memenangkan gelar Miss Universe yang sebelumnya dipegang oleh Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan.

Pengumuman nama pemenang berlangsung saat malam Grand Final Miss Universe 2020 di Seminole Hard Rock Hotel & Casino, Florida, AS, Minggu (16/5/2021) atau Senin pagi WIB.

Di ajang tersebut, perwakilan Indonesia Ayu Maulida Putri harus puas dengan pencapaian di Top 21. Di akhir acara, Miss Mexico Andrea Meza pun diumumkan sebagai pemenang Miss Universe 2020.Bergabung di Top 3 bersama Andrea Meza, ada Julia Gama dari Brazil yang meraih gelar Runner-Up I, lalu wakil Peru Janick Maceta sebagai Runner-Up II.

Saat sesi tanya-jawab, Andrea Meza sempat mendapat pertanyaan dari juri seputar penanganan COVID-19. “Saya yakin tidak ada cara yang sempurna untuk mengatasi situasi seberat pandemi COVID-19 ini. Namun, saya akan memberlakukan lockdown sedini mungkin karena kita telah kehilangan banyak nyawa dan itu tak bisa terbayarkan. Kita harus menjaga orang-orang di sekitar kita,” katanya seperti dikutip People.

Siapakah sosok Andrea Meza sebenarnya? Berikut fakta-fakta seputar Andrea Meza, pemenang Miss Universe 2020:

1. Biodata Andrea Meza

Menurut profilnya di situs Miss Universe, Andrea Meza berusia 26 tahun. Ia diketahui lahir pada 13 Agustus 1994 di Chihuahua, Meksiko. Ia tumbuh di tengah keluarga yang sangat besar. Setidaknya, Andrea memiliki 40 sepupu.

2. Punya gelar di dunia komputerisasi

Di balik perawakannya yang bak model, Andrea Meza rupanya tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan komputer, khususnya software. Ia bahkan memiliki gelar sarjana dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di Autonomous University of Chihuahua. Adalah sebuah kebanggaan tersendiri baginya bisa menguasai area yang biasa didominasi kaum pria tersebut.

3. Aktivis perempuan

Andrea Meza mengklaim dirinya sebagai aktivitas yang fokus pada isu kesetaraan hak perempuan. Ia pun aktif dalam organisasi Municipal Institute for Women, yang bertujuan mengakhiri kekerasan berdasarkan gender. Berjiwa sosial, perempuan yang hobi bernyanyi ini sempat terlibat kegiatan-kegiatan penggalang di beberapa negara, salah satunya Indonesia.

4. Andrea Meza Penganut Vegan

Andrea Meza turut menaruh perhatian pada kelestarian alam. Kecintaannya pada hewan lantas memotivasi Andrea untuk menjadi seorang vegan. Itu pula yang membuatnya sebagai duta pariwisata dearah kelahirannya, Chihuahua.

5. Andrea Meza Hobi Olahraga Ekstrem

Senang kegiatan outdoor, Andrea Meza ternyata hobi dengan berbagai olahraga ekstrem. Rappel dan sand boarding adalah beberapa di antara olahraga favoritnya. Fun facts: Ia bisa melakukan plank selama tiga menit lho.

6. Ikut Miss World

Miss Universe bukan kontes kecantikan dunia yang pernah diikutinya pertama kali. Pada 2017, Andrea Meza mengikuti ajang Miss World. Nyaris menjadi pemenang, ia harus puas sebagai Runner-up I setelah dikalahkan Manushi Chhillar dari India.

7. Gelar Miss Universe ke-3 untuk Meksiko

Kemenangan Andrea Meza sekaligus menguatkan posisi Meksiko sebagai negara pencetak juara kontes kecantikan. Berkat prestasi Andrea, Meksiko kini memiliki tiga juara Miss Universe. Prestasi sebelumnya diukir oleh Ximena Navarette (2010) dan Lupita Jones (1991).