by

Anies Baswedan Luncurkan Rumah DP 0 Rupiah

Anies Baswedan Luncurkan Rumah DP 0 Rupiah

Bulatin.com¬†Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan barusan meluncurkan program rumah DP 0 rupiah yang disebut salah satunya janji kampanyenya. Tempat tinggal itu lalu dinamakan ‘Samawa’.

Menurut Anies, ‘Samawa’ adalah terminologi spesial. Menurut dia nama ‘Samawa’ dapat menghadirkan kedamaian serta kecintaan di tempat tinggal. Lebih dari itu, Anies mengakui tetap ingin memberikan keyakinan jika nama itu mesti miliki arti.

“Kita ingin nama dari program ini program DP 0 rupiah ini, saya tetap garis bawahi nama itu mesti miliki arti serta arti itu mesti sesuai dengan pesan, namanya berarti, maknanya memberi pesan. Sesudah mencari sana sini jalan keluar rumah masyarakat namanya ialah samawa,” kata Anies dalam sambutannya di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jumat (12/10).

“Samawa ini terminologi yang saat kita dengar langsung tahu maknanya. Maknanya ialah satu tempat yang disana ada kedamaian, cinta kasih, ketenangan, kebahagiaan,” tuturnya.

PD Fasilitas Jaya akan bangun 4 tower ‘Samawa’ dengan keseluruhan 780 unit tempat tinggal. PLT Kepala Dinas Perumahan serta Pemukiman DKI Meli Budiastuti menjelaskan rusun itu akan terdiri dari dua type, yaitu type 21 serta type 36. Sementara untuk harga nya dari mulai Rp 184 juta-an.

Sebelum ‘Samawa’ ini, Anies ikut ganti nama OK Otrip jadi Jak Lingko. Lagi-lagi, Anies mengakui tidak asal-asalan kala pilih nama itu.

Anies menjelaskan penamaan Jak Lingko adalah nama yang diambil dari kosakata bahasa Indonesia yang baru dimasukkan ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pada Oktober 2018. Menurut dia, nama itu menggambarkan jati diri bangsa Indonesia.

“Mengapa Jak Lingko, kita ingin supaya mempunyai nama yang dengar namanya, dapat tercermin maknanya,” kata Anies.

Anies menjelaskan Lingko datang dari bahasa Nusa Tenggara Timur. Ia menyebutkan Lingko begitu pas dipakai menjadi cerminan integrasi transportasi di Jakarta.

“Lingko ialah skema terintegrasi jejaring, yang digunakan air di Nusa Tenggara Timur,” tuturnya.