by

Apa itu Podcast? Penjelasan, Manfaat dan Cara Membuat

Jakarta – Podcast menjadi satu di antara tren baru di dunia digital. Buat yang belum tahu, podcast merupakan rekaman diskusi berupa audio.

Banyak yang menganggap Podcast mirip siaran radio. Karena dalam Podcast biasanya membahas berbagai topik, terutama yang sedang hangat dalam bentuk suara.

Podcast bisa dinikmati di beberapa platform seperti iTunes atau Spotify. Namun, saat ini Podcast tak hanya bisa dinikmati dalam bentuk audio, melainkan juga video.

Podcast tersebut banyak ditemukan di Youtube. Jadi, dalam Podcast yang ada di Youtube tak sekadar audio saja, namun menampilkan video yang juga dapat di tonton.

Saat ini, untuk membuat podcast jauh lebih mudah dan praktis. Tidak seperti dulu yang membutuhkan dana yang cukup besar. Kondisi tersebut yang membuat podcast bisa dikatakan berkembang dengan pesat.

Di sisi lain, mungkin banyak yang belum mengetahui lebih dalam apa itu Podcast?

Apa itu Podcast?

Saat Anda mendengar sebuah podcast pertama kali, mungkin muncul di pikiran Anda adalah lho ini mirip radio! Memang betul mirip, tapi beda he..he.. 🙂

Podcast itu memang mungkin mirip dengan radio, tapi sebenarnya beda banget. Kesamaannya ya podcast umumnya berupa audio (walaupun sekarang juga ada podcast video) yang didengarkan seperti Anda mendengar radio.

Kesamaan lain adalah seperti radio dimana Anda harus memilih mau mendengarkan stasiun radio A atau stasiun radio B dan seterusnya.Di Podcast juga sama, Anda juga perlu memilih mau mendengarkan podcastnya siapa di topik apa.

Ada ribuan kategori topik yang bisa Anda dengarkan. Berikut kategori besar dari podcast yang tersedia yang saya ambil screenshotnya di iTunes Store :

Anda mau dengar apa saja juga ada. Saat ini ada lebih dari 200.000 podcast saya rasa di  semua kategori tersebut dan terus bertambah. Tentu Anda tidak perlu mendengarkan semuanya he..he.. 🙂 Cukup yang menarik minat Anda saja.

Saya memang lebih banyak mendengar podcast di kategori Business dan Personal Development. Tapi saya tahu ada banyak orang di Amerika yang dengar podcast tentang TV Series yang populer seperti Lost, Walking Dead dll atau dengar podcast tentang games seperto Clash of Clan, Minecraft dan game populer lainnya.

Terus terang sulit bagi saya membayangkan mendengarkan podcast tentang games he..he.. 🙂

Saat ini membuat podcast jauh lebih mudah dan tidak butuh investasi besar seperti buat stasiun radio sehingga akhirnya industri podcast berkembang pesat.

Industri radio sendiri di Amerika mengalami penurunan karena semakin banyak orang memilih untuk mendengar podcast daripada radio.

Memang kebanyakan podcast yang ada memang masih dalam Bahasa Inggris. Hampir tidak ada yang Bahasa Indonesia, paling dari Radio BBC Indonesia. Mungkin itu sebabnya mengapa di Indonesia, podcast masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Jadi melalui artikel ini, saya ingin memperkenalkan Podcast agar semakin banyak dikenal dan banyak yang mendengarkan sehingga akhirnya banyak yang memproduksinya.

Saya yakin podcast akan berkembang di Indonesia karena di kota-kota besar, kita terbiasa menghabiskan banyak waktu di perjalanan karena jalanan macet sehingga bisa mendengarkan podcast di banyak topik adalah sesuatu yang menarik untuk dilakukan.

Bedanya podcast dengan radio adalah podcast merupakan rekaman. Biasanya tidak ada atau jarang ada iklan, tidak ada selingan lagu yang berkepanjangan dan kita bisa pilih mau dengar topik apa, gak usah ngikuti jadwal atau maunya radio

Biasanya podcast terbagi atas episode-episode dimana tiap episode biasanya ada judul tertentu, jadi biasanya tahu bahas apa. Panjang tiap episode biasanya antara 10 menit s/d 90 menit lebih (tergantung maunya si pembuat podcast).

Sejarah Podcast

Jadi, Podcast berasal dari kata iPod dan Broadcasting. Podcast awalnya hanya dirancang untuk dapat digunakan pada Mac dan Ipod.

Pada 2007 Podcast mulai populer dan bertahan hingga saat sekarang. Sementara, di Indonesia, podcast mulai melambung sejak 2012.

Dulu untuk mendapatkan podcast lebih sulit dibandingkan zaman sekarang, karena terkendala akses internet. Jadi, kebanyakan para pendengar harus mengunduh terlebih dahulu podcast tersebut.

Bahkan, awalnya harus berlangganan podcast terlebih dulu. Podcast juga dulunya hanya dapat digunakan pada Iphone atau Ipad. Namun semakin kesini, podcast sudah dapat diakses dari berbagai jenis sistem operasi, baik android ataupun windows.

Jenis Podcast

Interview Podcast

Interview Podcast merupakan jenis podcast dimana host mewawancarai bintang tamu atau narasumber yang berbeda pada setiap episodenya.

Solo Podcast

Sesuai dengan namanya, Solo Podcast hanya dilakukan satu dan biasanya bersifat monolog. Jadi, dalam podcast tersebut biasanya hanya menyampaikan opini, tanya jawab atau hanya sekadar berbagai informasi terkini kepada pendengar.

Multi Host Podcast

Dalam podcast jenis ini biasanya terdapat dua host atau lebih. Multi Host Podcast menyuguhkan diskusi yang berisi pendapat dan perspektif yang berbeda.

Dengan begitu, podcast jenis tersebut bisa menjadi hiburan tersendiri, terutama bagi orang yang suka mendengarkan percakapan atau debat.

Cara Membuat Podcast

Cara Membuat Podcast

1. Siapkan Tempat

Bagi yang serius membuat Podcast tentunya sangat perlu menyiapkan tempat atau studi khusus. Tempat tersebut paling tidak harus nyaman dan kedap suara agar rekaman Podcast bagus.

2. Siapkan Peralatan Podcast

Beberapa peralatan yang perlu disiapkan saat membuat Podcast antara lain Microphone, audio recording, software editing dll.

3. Tentukan Niche Podcast

Jadi, pastikan bisa memahami dan mengerti tentang Niche Podcast agar mempermudah dalam pembuatan Podcast.

4. Mulai merekam Podcast

Saat semuanya sudah siap, mulailah recording Podcast. Jangan lupa, pastikan rekaman Podcast tersebut dalam keadaan bagus dan siap untuk didengarkan.

5. Edit Hasil Podcast

Setelah merekam Podcast, jangan lupa edit terlebih dahulu. Pastikan volume bisa didengar dengan baik, artinya tidak terlalu pelan dan keras.