by

Apa Itu Tren Ikoy-Ikoy? Ini Arti Kata dan Asal Muasal Istilahnya

Beberapa hari belakangan, istilah ikoy ikoy santer terdengar di media sosial, khususnya Instagram. Istilah ini rupanya pertama kali dipopulerkan oleh salah satu influencer sekaligus YouTuber Tanah Air, yakni Arief Muhammad.

Melalui postingan Instagram, Arief mengajak para pengikutnya untuk bermain ikoy ikoy. Sontak permainan tersebut langsung viral di media sosial. Sejumlah influencer hingga artis Tanah Air pun turut meramaikan permainan itu.

Apa Itu Arti Ikoy Ikoy?

Ikoy ikoy adalah permainan giveaway atau pemberian hadiah secara gratis yang pertama kali dicetuskan oleh Arief Muhammad. Istilah ikoy ikoy berasal dari nama asisten personal Arief, yakni M. Rizqi Fadhilah alias Ikoy.

Permainan ikoy digelar sebagai ajang untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan di masa pandemi. Dalam permainan ini, Arief akan membagikan rezeki kepada para pengikutnya secara cuma-cuma.

Cara bermain ikoy ikoy sangat sederhana, Arief Muhammad hanya memilih Direct Message (DM) Instagram yang dikirimkan para pengikutnya secara acak. Kemudian, orang yang terpilih akan diberikan hadiah berupa uang bernilai ratusan hingga jutaan rupiah atau barang seperti hp sampai makanan.

Permainan ikoy ikoy yang diciptakan Arief Muhammad berhasil mendorong banyak orang untuk ikut berbagi, mulai dari kalangan artis, influencer, hingga pengusaha.

Beberapa dari mereka turut menggelar ikoy ikoy di Instagram pribadi masing-masing. Namun ada juga yang menitipkan barang atau uang melalui Arief Muhammad.

“Sampai skrg nggak berhenti-berhenti nih notif. Dari followers, dari temen2 pengusaha, temen2 artis, temen2 influencer, semuanyaaa jadi rame ditodong main ikoy-ikoyan! Dan uniknya jadi banyak yang ketrigger untuk berbagi juga. Seneng banget liatnya.

Di whatsapp pun juga sama hebohnya. Banyak sekali yang bertanya tentang apa itu ikoy-ikoyan.. Jawaban gue simple aja: semuanya tentang berbagi. Bagi-bagi rejeki, bagi2 kebahagiaan untuk banyak orang,” tulis Arief Muhammad di akun Instagram pribadinya.

“dari beberapa temen yg menghubungi tersebut, ada ajaaaaa nih orang baek yg mau ikutan berbagi, dan berbaginya nggak nanggung2… Kalian stand by di story gue sekitar jam 1 siang ini yaa.

Ikoy-ikoyan hari ini bakal next level banget. Ada titipan ratusan juta rupiah dari beberapa temen gue untuk dibagikan ke kalian. RATUSAN JUTA! Ya Allah… senengnya orang2 baek pada muncul… siap-siap nanti siang,” lanjut Arief.

Beberapa barang yang diberikan dalam permainan ikoy ikoy meliputi uang tunai, ponsel, makeup, skincare, sandal, hingga perabot rumah. Sebagian orang menggelar permainan ini tanpa syarat, namun ada juga beberapa pihak yang memberikan tantangan seperti kuis, review produk, dan lain sebagainya.

Awalnya para selebgram ini juga tak mengetahui apa itu tren ikoy-ikoy ala Arief Muhammad. Namun setelah mengetahuinya, melalui akun Instagram Story @tasyafarasya, beauty influencer Tasya Farasya pun mengikuti jejak suami Tiara Pangestika itu.

Tasya membagi-bagikan uang, kopi jualannya, rangkaian makeup dan skincare kepada pengikutnya. Ada juga YouTuber Fadil Jaidi yang memilih mengikuti tren ikoy-ikoyan dengan menitipkan ‘hadiah’ melalui Arief Muhammad.

“Gue nitip ikoy-ikoyan dong,” begitu Fadil Jaidi menulis pesan teks kepada Arief Muhammad.

Melihat tren ikoy-ikoy meluas ke selebgram lainnya, Arief pun mengaku senang bisa memberikan dampak positif. “Hahaha, sampai ke Tasya! Ikoy-ikoyan mulai mewabah di Indonesia. Senang sekali bisa menyebarkan kegiatan random bermanfaat seperti ini,” ucapnya.

Pro Kontra di Kalangan Publik Figur

Di samping itu, permainan ikoy ikoy juga membuat sebagian pihak merasa kurang nyaman. Sebab, beberapa warganet terkesan mengemis bahkan memaksa sejumlah figur publik untuk menggelar tren ini.

Sejumlah figur publik mengingatkan agar warganet berhenti meminta tren tersebut secara paksa. Mereka juga menegaskan bahwa cara setiap orang untuk berbagi berbeda-beda.