by

Barcelona Banyak Merekrut Pemain-pemain Top di Bursa Transfer Musim Panas Ini

Barcelona terus mengejutkan banyak pihak dengan langkah mereka di bursa transfer musim panas ini. Tidak ada yang menduga Barca bisa merekrut pemain-pemain top.

Betapa tidak, Barca jelas mengalami masalah finansial serius dengan utang menggunung. Era presiden Josep Maria Bartomeu meninggalkan utang mencapai 1,3 miliar euro.

Akibatnya, Barca harus memutar otak untuk memperkuat skuad. Joan Laporta, si presiden baru, berhasil menyiasatinya dengan strategi penjualan image rights, hak siar, dan sponsorship.

Barca pun mendapatkan kucuran dana ekstra untuk mendatangkan pemain-pemain yang mereka inginkan. Musim panas ini, ada Robert Lewandowski dan Raphinha yang mengejutkan, tentu sebelumnya sudah ada Franck Kessie dan Andreas Christensen.

Sejauh ini Barca sudah membuat empat rekrutan yang cukup menarik. Ada Christensen, Kessie, Raphinha, dan Lewandowski.

Barca cukup terlambat memasuki bursa transfer kali ini, karena itu sempat muncul keraguan dan kritik. Namun, begitu mendapatkan ruang gerak, Barca langsung mendatangkan nama-nama menarik.

Kessie dan Christensen datang dengan status free transfer. Barca untung besar, keduanya masih bermain di level top dan bisa direkrut dengan cuma-cuma.

Raphinha dan Lewandowski sedikit lebih mahal. Barca harus membayar sekitar 60 juta euro untuk Raphinha dan 50 juta euro untuk Lewandowski.

Rekrutan-rekrutan anyar itu membuktikan agresivitas Barcelona. Meski terlambat terjun ke bursa transfer, Barca tetaplah klub top.

Barbeda dengan Barcelona, Real Madrid justru tidak terlalu agresif di bursa transfer kali ini. Setelah menjuarai La Liga dan Liga Champions musim lalu, Madrid tampak mengambil pendekatan berbeda.

Sejauh ini, Los Blancos baru mendatangkan Antonio Rudiger dan Aurelien Tchouameni untuk memperkuat skuad. Tidak ada gosip atau rumor kedekatan dengan pemain lain.

Bahkan Madrid justru lebih banyak kehilangan pemain. Mereka sudah melepas Gareth Bale, Isco, Marcelo, Luka Jovic, dan beberapa nama lain.

Anehnya, Carlo Ancelotti mengatakan bahwa pergerakan Madrid di bursa transfer musim panas ini sudah selesai. Tidak akan ada pembelian baru, kecuali ada perubahan mendadak yang signifikan.