by

Inilah Fungsi Lain dari Standar Tengah di Sepeda Motor

Inilah Fungsi Lain dari Standar Tengah di Sepeda Motor

Bulatin.com – Sepeda motor yang tersebar di Indonesia biasanya diberi dengan dua jenis standa r, yaitu samping serta tengah.

Karena argumen lebih praktis, banyak pengendara motor lebih pilih untuk menggunakan standa r samping waktu memarkir tunggangan mereka. Lantas sebetulnya lebih baik pakai standa r samping atau tengah saat parkir?

Menyikapi hal itu, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat Ade Rohman menyampaikan lebih baik pengendara memakai standa r dua alias standa r tengah.

“Lebih baik memakai standa r dua. Karena motor akan terparkir tegak lurus serta lebih rapi,” tuturnya.

Selain itu, Ade menyatakan jika standa r dua dapat juga membuat motor lebih aman dari kemalingan, karena standa r dua lebih membutuhkan waktu. “Standa r dua lebih aman juga karena untuk turunkan kendaraan itu membutuhkan waktu serta berbunyi. Hal tersebut tentunya berlainan dari standa r samping yang lebih praktis,” katanya.

Selain itu ada satu perihal yang tidak kalah penting lagi. Standa r tengah juga membuat umur ban serta suspensi jadi lebih awet. Karena jika sepeda motor memakai standa r samping, beban hanya ditahan oleh suspensi serta permukaan ban samping kiri yang membuat keadaan ketahanannya menyusut bila dikerjakan kurun waktu lama.