by

Jalan Provinsi Di Banjarharjo Brebes Tertutup Material Longsor

Jalan Provinsi Di Banjarharjo Brebes Tertutup Material Longsor

Bulatin.com – Akses jalan yang tertutup karena longsor di jalan propinsi penghubung Gunung Lio-Banjarharjo, Kabupaten Brebes masih belumlah bisa dilalui kendaraan. Sampai hari ini, material longsor dari tebing setebal 2-3 mtr. masih menutupi jalan semenjak Minggu (20/1) sore tempo hari.

Camat Banjarharjo, Munaedi mengatakan jalan tidak bisa dilalui karena tertutup material longsor dari tebing samping jalan.

“Jalan tertutup oleh longsor semenjak pukul 17.00 tempo hari. Waktu ini material masih menutupi jalan,” tuturnya melalui sambungan telephone, Senin (21/1).

Munaedi menuturkan longsor berlangsung dikarenakan hujan lebat pada Minggu (20/1) siang. Intensitas hujan yang tinggi membuat tanah tebing ambrol sampai menutupi jalan.

“Hujan turun semenjak siang tempo hari. Kurang lebih telah delapan jam,” katanya.

Masyarakat bersama dengan Team SAR kombinasi telah berupaya bersihkan material longsor semenjak tempo hari. Usaha pembersihan sudah sempat di stop saat malam hari karena masih turun hujan dan penerangan minim.

“Waktu ini bersama dengan warga sekitar mulai bergotong royong kembali singkirkan material longsor,” katanya.

Munaedi menyarankan pengendara yang sering melewati jalan tersebut waspada. Pada musim penghujan, jalan tersebut riskan akan berlangsung musibah.

“Banyak pohon-pohon di selama jalan yang riskan roboh, ditambah lagi medan jalan pun beresiko,” paparnya.

Tidak hanya longsor, pun berlangsung banjir lumpur di Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Banjir tersebut telah terselesaikan sehingga jalan telah bisa dilalui kembali.