by

Komjen Syafruddin Mundur dari Wakapolri Usai Ditunjuk Menjadi Menteri

Komjen Syafruddin Mundur dari Wakapolri Usai Ditunjuk Menjadi Menteri

Bulatin.com – Komisaris Jenderal Syafruddin yang baru dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengakui telah ajukan pengunduran diri menjadi wakapolri ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Selain itu, juga mundur menjadi anggota kepolisian.

“Saat ini saya telah dilantik jadi sipil,” kata Syafruddin selesai pelantikan di Istana Negara Jakarta, Rabu 15 Agustus 2018.

Syafruddin bercerita, ia awalannya di panggil ke Istana Bogor oleh Presiden Jokowi pada Selasa 14 Agustus malam seputar jam 20.30 WIB. Jokowi memberitahu, jika ia akan dilantik oleh presiden pada Rabu ini jam 10.00 WIB. Atas penunjukan itu, ia terima.

Sesudah ditunjuk, ia langsung ajukan pengunduran diri serta diserahkan ke Kapolri.

“Semalam telah saya berikan jabatan Wakapolri. Memang demikian ketentuannya,” tuturnya.

Dia menyampaikan, ia saat ini ingin konsentrasi melakukan pekerjaan menjadi menteri, sesudah nanti dikerjakan serah terima jabatan.

Siapa substitusinya menjadi Wakapolri, ia menyerahkan semua ke Kapolri serta Dewan Jabatan serta Kepangkatan Tinggi atau Wanjakti, yang sekarang ada di tangan Kapolri.

“Semula saya ketua wanjakti. Karena pekerjaan wakil kapolri telah saya berikan ke kapolri karena itu ketua wanjaktinya diambil Kapolri,” tuturnya.