by

Merapi Mengeluarkan Lava Beberapa Desa Di Klaten Diguyur Hujan Abu

Merapi Mengeluarkan Lava Beberapa Desa Di Klaten Diguyur Hujan Abu

Bulatin.com – Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (4/1) malam pukul 21.01 WIB, melemparkan guguran lava pijar. Jarak luncur sampai sejauh 1,2 km. mengarah hulu Kali Gendol.

Karena peristiwa tersebut, beberapa desa di Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten, berlangsung hujan abu tipis. Beberapa desa di Kecamatan Kemalang benar-benar sangat dekat dengan puncak Merapi, atau cuma sekitar 5 km..

Kepala Badan Penanggulangan Musibah Daerah ( BPBD) Kabupaten Klaten, Bambang Giyanto mengatakan selesai peristiwa tersebut pihaknya lakukan dropping masker ke tempat desa terdampak.

“Ada banyak desa di Kemalang berlangsung hujan abu tipis. Team Reaksi Cepat Penanggulangan Musibah (TRC-PB) BPBD Klaten semalam lakukan droping masker ke desa-desa yang dilaporkan berlangsung hujan abu tipis. Kami pun sudah lakukan assessment awal,” tutur Bambang pada merdeka.com, Sabtu (5/1).

Selanjutnya Bambang mengemukakan,
pekerjaan pendakian Gunung Merapi untuk sesaat tidak di merekomendasikan. Akan tetapi diijinkan untuk kebutuhan penyidikan dan riset terkait dengan usaha mitigasi musibah.

“Untuk sesaat pendakian tidak kita merekomendasikan, terkecuali untuk penyidikan dan riset,” pungkas Bambang.