by

PSG Semakin Mendekati Pelatih Arsenal Mikel Arteta

Mikel Arteta mulai memetik hasil jerih payahnya di Arsenal selama tiga tahun terakhir. Karena berhasil membangkitkan the Gunners, pria asal Spanyol itu pun menarik perhatian banyak klub papan atas Eropa.

Arteta diangkat sebagai pelatih Arsenal menggantikan Unai Emery yang dipecat. Dalam dua musim awalnya, ia mengalami fase naik turun sampai-sampai the Gunners secara beruntun finis di peringkat kedelapan.

Musim ini, manajemen klub melakukan perekrutan pemain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Arteta. Kedatangan Martin Odegaard dkk membuat sang pelatih jadi lebih bebas berkreasi dalam menentukan strateginya.

Hasilnya pun terlihat di musim ini. Mereka mengumpulkan 51 poin dari 26 pertandingan dan sedang menghuni posisi empat di klasemen sementara. Arsenal tidak pernah sedekat ini dengan tiket ke Liga Champions sebelumnya.

Kebangkitan Arsenal menarik perhatian klub-klub papan atas terhadap Arteta. PSG adalah salah satu tim yang disebut-sebut tertarik untuk membawanya pergi dari Emirates Stadium musim depan.

Klub berjuluk Les Parisiens tersebut dikabarkan tidak senang dengan kinerja pelatihnya sekarang, Mauricio Pochettino. Terlebih setelah PSG dipastikan tersingkir dari ajang Liga Champions usai dikalahkan Real Madrid.

Kontrak Arteta di Arsenal sendiri cuma berlaku sampai tahun 2023. Situasi ini membuat masa depan pelatih berusia 39 tahun itu jadi tidak menentu. Kalau PSG menawarkan uang lebih besar, bukan tidak mungkin Arteta hengkang.

Namun kekhawatiran tidak terlihat di pihak Arsenal. Menurut laporan Football.london, manajemen klub sangat percaya kalau Arteta takkan meninggalkan Emirates Stadium dalam waktu dekat ini.

Arsenal juga ingin membantu Arteta melajutkan program pembangunan tim dengan menambah anggaran belanja di bursa transfer musim panas nanti. Dengan begitu, Arteta jadi lebih leluasa merekrut pemain yang diinginkan. Bulan lalu, Arteta juga pernah menegaskan kesetiannya pada Arsenal. Ia menegaskan misinya, yakni membangun Arsenal jadi sebuah tim pemenang.

“Saya sangat senang berada di sini dan tujuan saya adalah, bersama klub, membangun tim pemenang yang ketika kami melihatnya bisa dikenali dan bisa menularkan apa yang kami inginkan dari segi sepak bola dan organisasi,” kata Arteta.

“Saya senang dengan arah yang kami tuju, tapi tidak senang dengan posisi kami sekarang. Sebab kami ingin bersaing dan bertarung dengan tim terbaik di liga dalam beberapa musim berturut-turut.”