by

Ribuan Warga Tegal Dan Brebes Terjangkit Penyakit Kusta

Ribuan Warga Tegal Dan Brebes Terjangkit Penyakit Kusta

Bulatin.com – 2.000 Masyarakat lokasi jalan Pantai Utara sisi barat Jawa Tengah terjangkit penyakit kusta saat 2018. Mengenai sebabnya dipacu dampak cuaca dari kemarau jadi musim hujan dengan intensitas lebat.

“Paling banyak di kota Brebes, dan Tegal. Masalah kusta merebak pada Januari sampai Desember,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, Kamis (31/1).

Untuk mendesak masalah penyebaran kusta, ia minta petugas kesehatan ditempat teratur mengecheck keadaan warga di lingkungan padat masyarakat.
“Publikasi ke warga untuk penambahan kebersihan agar lingkungan rumah masih nyaman dihuni. Supaya tidak terjangkit penyebaran penyakit yang sama, karena termasuk penyakit membahayakan,” katanya.

Walau penyakit kusta timbul menyerang manusia dalam. Situasi keadaan sekitar kurang terbangun dengan baik. Di mana pasien itu biasanya alami tanda-tanda yang kasat mata.

“Muncul bercak putih di kulit dengan keadaan mati perasaan. Bila kusta kering semakin lama tulang mengecil. Jika warga alami tanda-tanda seperti itu untuk selekasnya berobat ke puskesmas, dan rumah sakit,” katanya.

Yulianto menuturkan untuk pasien kusta memang susah terdeteksi. Akan tetapi bisa jadi, pada sebuah keluarga cuma ada satu atau dua orang yang tertular. Tetapi, dalam masalah yang saat ini didapati, kusta juga dapat menjangkit seseorang walau yang berkaitan telah berpindah rumah yang jauh dari daerah aslinya.

“Sebab kusta itu baru menyebar jika ada kontak fisik. Contohnya satu tempat tidur, bersentuhan langsung dengan teratur. Jika hanya bersalaman sebetulnya tidak menyebar,” kata Yulianto.