by

Roy Keane Mengakui Bermain di Anfield Melawan Liverpool Itu Berat

Legenda Manchester United Roy Keane mengakui bermain di Anfield melawan Liverpool itu berat karena adanya tekanan besar dari pada pendukungnya.

Komentar itu terucap dari Keane saat menyaksikan laga antara Liverpool vs Manchester City pada matchday 12 Premier League 2019-20, Minggu (10/11/2019). Sebelum dan sesudah laga, fans The Reds menunjukkan dukungan yang luar biasa.

Di luar stadion mereka menyalakan bom asap. Di dalam stadion, mereka tak berhenti bersuara di sepanjang pertandingan.

Dukungan itu berbuah manis. Liverpool bisa mengalahkan Manchester City dengan skor 3-1.

Roy Keane sudah sering bertanding di Anfield. Ia pun tahu seperti apa tekanan yang bisa dihadirkan oleh para fans terhadap para pemain lawan.

“Itu salah satu tempat terberat untuk mencari kemenangan. Bahkan ketika saya bermain melawan Liverpool ketika mereka bukan yang terkuat seperti sekarang, kami tahu itu adalah salah satu pertandingan terberat musim ini karena para pendukungnya,” ujarnya pada Sky Sports.

“Saya tahu Anda belum pernah melihat seorang pendukung membuat tekel atau mencetak gol. Tetapi mereka memiliki efek besar pada tim mereka sendiri dan lawan, jadi tentu saja salah satu tempat terberat yang pernah saya alami,” seru Keane.

Seperti halnya dengan Roy Keane, Vincent Kompany juga sering bertandang ke markas Liverpool. Ia melakukannya bersama dengan Manchester City dahulu.

Ia pun mengakui sulit bermain untuk mendapat kemenangan di Anfield. Sekeras apa pun usaha seorang pemain, tekanan dari para fans disebutnya akan membuat performa mereka ambyar.

“Saya pikir itu bagian terbesar yang saya rindukan adalah jenis permainan seperti ini, bersaing, mengetahui semuanya dipertaruhkan,” kata Kompany. “Anda kalah malah segalanya akan diambil keluar dari proporsi dan jika Anda menang mereka akan membuat Anda lebih baik daripada yang sudah ada,” ujarnya.

“Tapi permainan seperti ini di Anfield bagi kami secara tradisional sulit, jadi berbicara tentang pendekatan [cara menang di Anfield], saya masih tidak berpikir Anda mendapatkan permainan terbaik di sini ketika Anda menunjukkan keberanian yang berlebihan. Di banyak lainnya tempat, Anda melakukannya, tetapi dalam lingkungan ini, untuk beberapa alasan, itu bekerja melawan Anda,” tegasnya.

Liverpool jadi sangat kuat di kandang sejak dilatih oleh Jurgen Klopp. Mereka tidak terkalahkan di Anfield sejak April 2017 silam di pentas Premier League.