by

Siapa Iskandar Widjaja? Pria yang Kepergok Jalan bareng Luna Maya

Iskandar Widjaja tengah menjadi sorotan netizen. Pemain biola asal Jerman ini, dikabarkan sedang dekat dengan aktris cantik Tanah Air, Luna Maya.

Kabar kedekatan Luna Maya dengan Iskandar Widjaja mencuat setelah Luna Maya kepergok jalan dengan pria yang mirip dengan mantan kekasihnya, Reino Barack. Bahkan, foto-foto keduanya pun sempat viral di media sosial. Hal ini semakin membuat netizen berasumsi bahwa Luna memang punya hubungan khusus dengan pria tersebut.

Sempat menjadi bintang tamu di program acara Brownis yang tayang 29 April lalu, Ruben Onsu selaku host bertanya kepada Iskandar soal kedekatannya dengan Luna Maya. Meski tak mau menjawab secara gamblang, Iskandar membenarkan bahwa ia memang dekat dengan Luna.

“Hmmm maybe, “ jawab Iskandar sambil tersenyum.

Profil Iskandar Widjaja

Iskandar Widjaja merupakan pria kelahiran Berlin, 6 Juni 1986. Ia juga merupakan seorang pemain biola asal Jerman dan pemenang berbagai kompetisi internasional. Iskandar adalah cucu dari musisi Indonesia Udin Widjaja, yang sangat terkenal di era Presiden Soekarno karena lagu-lagu gubahannya.

Ia diketahui memulai berlatih piano sejak usianya 3 tahun, setelah ia dan ibunya menyaksikan sebuah konser musik klasik anak-anak di Jerman. Setelah itu, ia mendapatkan biola pertamanya dan terus menggembangkan kemampuan yang ia miliki. Pada saat itu, ia juga sempat mempelajari teknik Suzuki dibawah ajaran Susan Mann.

Teknik Suzuki yang dipelajarinya membuat ia semakin mudah berlatih biola. Kepiawaiannya bermain biola membuatnya meraih banyak penghargaan bergengsi. Misalnya, saat ia meraih medali emas dalam First International Hindemith Violin Competition, First Prize dalam the German National Competition “Jugend musiziert”, Best Bach dan Best Beethoven sonatas di the XXI Concorso Violinistico Internazionale Andrea Postacchini, dan masih banyak lagi.

Di usianya yang masih muda, prestasi pria kelahiran Jerman inilah yang membuat dirinya dapat tampil pagelaran-pagelaran seluruh dunia. Seperti saat ia tampil di the Sydney Symphony Orchestra, the Dubrovnik Symphony Orchestra, the Sinfonieorchester Berlin, the Orchestre de la Suisse Romande, Kissinger Summer, Valdres Sommer Simfoni, Festival de St. Prex, dan masih banyak lagi.

Musisi yang satu ini sudah mengeluarkan beberapa album. Seperti, Mercy tahun 2018, Bach ‘n’ Blues tahun 2011, Burn tahun 2013, Papa dan Ode To Joy tahun 2020 dan Love On The Moon pada tahun 2021.

Berbicara mengenai kehidupan pribadinya, anak dari Ivan-Hadar dan Chin Widjaja Ini ternyata memiliki darah Tionghoa Medan dari Ibunya dan Belanda-Arab-Maluku dari Ayahnya.

Ketika remaja, Iskandar Widjaja ternyata pernah diterima sebagai siswa termuda di College of Music, Berlin. Dan setelah lulus, pria berusia 34 tahun ini melanjutkan pendidikannya ke University of the Arts di Berlin.