by

Sumsel Terima Lima Bus Air Untuk Mudahkan Transportasi Asian Games

Sumsel Terima Lima Bus Air Untuk Mudahkan Transportasi Asian Games

Bulatin.com – Kementerian Perhubungan menyerahkan lima unit bus air ke Provinsi Sumsel untuk menunjang transportasi sungai. Bus air buatan dalam negeri ini seharga Rp 2, 2 miliar per unit.

Penyerahan secara langsung diberikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin di pelataran Benteng Kuto Besak tepatnya di pinggiran Sungai Musi Palembang, Rabu (1// 8). Bantuan terbagi dalam tiga unit untuk Pemkot Palembang, dua unit diberikan masing-masing pada Pemprov Sumsel dan Pemkab Banyuasin.

Menhub Budi Karya Sumadi menginginkan daerah perairan bisa dikoneksikan dengan transportasi air. Ditambah lagi, Sumsel diketahui menjadi salah satunya daerah perairan terluas yang membutuhkan modal transportasi sungai yang aman.

” Bus air ini untuk membuat Sungai Musi lebih indah, juga memudahkan masyarakat perairan. Saya ingin dikoneksikan dengan daerah perairan, ” papar Budi.

Sesaat itu , Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menuturkan, bus air tersebut buatan anak bangsa yang di produksi di Batam, Kepulauan Riau, saat enam bulan . Secara ekonomi, masing-masing bus seharga Rp 2, 2 miliar.

” Speknya tinggi sekali, panjang 12 meter, lebar 3 meter, dan kapasitas 20 penumpang. Bus air ini asli buatan dalam negeri, ” katanya.

Menurutnya, untuk sementara bus air itu diperuntuk kan dalam menunjang transportasi Asian Games 2018. Setelah itu barulah digunakan untuk umum dengan komersil.

” Tarifnya saya minta lebih murah, dari Banyuasin ke Palembang bisa di bawah Rp 100 ribu. Untuk jelasnya kita berikan ke Dishub masing-masing, ” katanya.