by

Tempat Rahasia Di Bawah Piramida Bulan

Tempat Rahasia Di Bawah Piramida Bulan

Bulatin.com Piramida Bulan di Meksiko mempunyai rahasia besar. Beberapa arkeolog temukan terowongan rahasia selama 15 meter ke arah jantung susunan piramida itu.

Dikutip dari situs IFL Science, Selasa 30 Oktober 2018, arkeolog memercayai lorong itu sempat menjadi ruangan penguburan untuk ritual orang yang mati.

Tim arkeolog dari Institut Antropologi serta Sejarah Nasional (INAH) Meksiko temukan ruang rahasia itu. Mereka kerja dengan pakar geofisika dari Kampus Otonom Nasional Meksiko, di Zone Arkeolog Teotihuacan, 40 kilometer timur laut dari Mexico City.

Hasil awal riset tunjukkan, peluang terdapatnya jalan rahasia pada piramida itu. Ini menjadi kali pertamanya tim arkeolog mengonfirmasi terdapatnya satu ruang yang hilang.

Diluar itu pintu masuk terowongan diyakini ikut sudah ditemukan oleh mereka.

“Terowongan ada di bagian selatan Plaza de la Luna akan tetapi kelihatannya masih tetap ada pintu masuk lainnya di bagian timur, jadi terpenting untuk mempunyai radiografi untuk tahu di manakah pintu masuknya,” kata direktur project konservasi integral piramida, Veronica Ortega.

Piramida Bulan atau Meztli Itzacual beraa di San Juan Teotihuacan dulunya adalah tempat kota kuno Teotihuacan yang didirikan pada 150 SM oleh peradaban Mesoamerika.

Pada 1998 sampai 2004, tim arkeolog temukan bekas badan hampir 200 hewan, termasuk juga puma serta serigala. Mereka ditemukan di terowongan bawah piramida.

“Kompleks persembahan yang besar ini ialah pokok kota Teotihuacan. Apakah yang bisa ditemukan di dalamnya bisa menolong buka jalinan yang dimiliki oleh kota kuno dengan lokasi lainnya dalam Mesoamerika,” kata Ortega.