by

Terapi Plasma Darah Berhasil Sembuhkan Pasien Anak Positif Virus Corona

Beragam cara dilakukan untuk bisa menyembuhkan pasien COVID-19. Kini, ada kabar baik yang menyebutkan bahwa terapi plasma darah bisa sembuhkan pasien anak akibat virus corona. Benarkah demikian?

Plasma Darah Sebagai Kemungkinan Terapi COVID-19

Sebelumnya, penyembuhan COVID-19 dengan plasma darah pernah diteliti dan diterbitkan dalam jurnal “JAMA” yang terbit pada 27 Maret lalu.

Peneliti sekaligus Chief Quality Officer dan Chief of Infectious Diseases di Universitas Maryland, Faheem Younus, mengatakan ada pasien berhasil sembuh setelah disuntikkan plasma darah. Plasma darahnya pun didapat dari pasien yang sudah sembuh dari COVID-19 sebelumnya.

Terapi plasma darah ini sebetulnya sudah menjadi pembicaraan sebagai cara penyembuhan infeksi virus corona sejak beberapa waktu yang lalu.

Antibodi dari plasma darah atau serum dari pasien yang sudah sembuh dari SARS-CoV-2, bisa menambah imunitas dari pasien yang baru terinfeksi. Antibodi tersebut dikatakan mengandung serum darah yang bisa menetralisir virus penyebab COVID-19.

Namun, terapi plasma darah kini baru dinilai efektif dalam menyembuhkan pasien yang terpapar virus corona. Penggunaan terapi plasma darah untuk COVID-19 mulai digencarkan setelah hasil riset yang dilakukan Washington University School of Medicine.

Selain untuk mengobati pasien yang telah terinfeksi, terapi ini juga diharapkan bisa untuk mencegah risiko terpapar virus menular ini.

Terapi Plasma Darah Berhasil Sembuhkan Pasien Anak yang Terinfeksi COVID-19

Melansir dari Children’s Hospital of Philadelphia (CHOP), pengobatan terapi plasma darah yang diberikan pada pasien anak COVID-19,hasilnya cukup efektif.

“Sungguh luar biasa, semua pasien yang kami obati dapat melalui dan melakukan seluruh prosesnya dengan sangat cepat,” kata Dr David Teachey, ahli onkologi hematologi pediatrik di CHOP, dikutip dari Fox News.

Hanya saja, dokter masih belum bisa memastikan secara rinci, apakah perawatan plasma darah adalah satu-satunya cara mengobati virus corona atau tidak. Sebab, pasien masih dalam tahap perawatan.

Terapi plasma darah ini pada umumnya berasal dari pasien corona COVID-19 yang sudah berhasil pulih. Kemudian, darah ditransfusikan ke pasien virus corona yang sakit kritis atau belum sembuh. Diharapkan, antibodi dari darah pasien yang sudah sembuh, bisa membantu pasien melawan atau menetralisir penyakit.

Terapi Plasma Darah Tangani COVID-19 di Indonesia