by

Ternyata Deretan Benda Ini Ditemukan Oleh Wanita

Ternyata Deretan Benda Ini Ditemukan Oleh Wanita

Bulatin.com –¬†Hidup di zaman sekarang sepertinya semua terasa lebih nyaman.dan mudah. Terimakasih pada penemu-penemu di masa lampau. Berkat mereka manusia di masa sekarang banyak mendapat kemudahan.

Namun, tak banyak yang tahu ternyata ada beberapa benda sederhana yang kita gunakan sehari-hari ternyata ‘ditemukan’ oleh beberapa penemu wanita. Penasaran? DIlansir Bright Side, Berikut ini 12 penemuan wanita yang sering kita gunakan.

Identitas pemanggil, panggilan tunggu

Dr. Shirley Ann Jackson, melalui penelitiannya di tahun 70an, berhasil menemukan nada tunggu dan identitas pemanggil atau caller id yang tentu sangat bermanfaat. Selain itu, dia juga menemukan kabel fiber optik.

Mesin cuci piring

Josephine Cochrane awalnya ingin ada alat yang bisa membantu mencuci piring lebih cepat bagi orang yang bekerja untuknya. Maka dia memutuskan untuk mesin seperti itu sendiri. Josephine mematenkan temuannya tahun 1917, dan mulai membuka pabriknya sendiri.

Kevlar

Stephanie Kwolek, seorang ahli kimia yang menemukan bahan ringan namun 5 kali lebih kuat dari baja di tahun 1965. Temuannya ini biasa digunakan di beberapa produk berbeda seperti rompi anti peluru, pelindung tubuh. Kevlar juga bisa ditemukan di perangkat ponsel, pesawat.

Bra

Mary Phelps Jacob saat berusia 19 tahun awalnya mencoba menggunakan korset tapi menyembul keluar dari gaunnya. Mary meminta pembantunya untuk membawa dua sapu tangan dan pita, dan itulah pertama kalinya bra dirancang. Mary mematenkan temuannya tahun 1914.

Pengeriting

Theora Stephens, merupakan penata rambut Afrika Amerika yang menciptakan teknik tekanan dan setrika pengriting untuk pertama kali di tahun 1980.

Jalur evakuasi api

Tidak ada yang banyak tahu Anna Connely, tapi temuannya yaitu membuat tangga di luar gedung untuk lari jika ada api sangat berguna hingga saat ini. Temuannya ini dipatenkan tahun 1887.

Algoritma komputer

Ada King-Noel merupakan seorang jenius matematika. Dia mengembangkan sebuah jalan untuk pemrogaman mesin menggunakan algoritma matematika. Dengan kata lain, dialah penemu pertama kali program komputer.

Wi-fi

Hedy Lamarr, seorang artis ternama Hollywood, dan George Antheil menemukan sistem panduan radio untuk mencegah torpedo. Karena kesulitasn teknis, temuan ini tidak digunakan hingga tahun 1962, tapi sistem transmisi tanpa kabel dari Hedy Lamarr berkontribusi untuk mengembangkan Wi-Fi dan Bluetooh.

Pemanas pusat

Alice Parker adalah penemu yang merancang sistem pemanas terpusat di tahun 1919. Meski desainnya secara umum tak pernah dibangun, itu merupakan ide yang akhirnya menginspirasi sistem pemanas terpusat saat ini.

Wiper

Mary Anderson awalnya melihat pengemudi di tahun 1903 harus membuka jendela untuk menghilangkan salju dari kaca depan dengan menggunakan tangan mereka. Tentu saja ini berbahaya baik untuk pengemudi ataupun penumpang. Mary kemudian datang dengan sebuah solusi, di tahun 1903, dia menemukan wiper kaca depan mobil. Sayangnya, perusahaan mobil tidak mempercayai temuan Mary dan dia tidak pernah mendapat keuntungan dari temuannya.

Kantong kertas

Margaret Knight menemukannya tahun 1867, dia merancang sebuah mesin yang bisa membuat tas kertas bisa rata di bagian bawah, dia mematenkan temuannya ini tahun 1879.

Popok

Marion Donovan tahun 1946 menggunakan tirai kamar mandi untuk menciptakan lapisan popok sekali pakai. Dia mematenkan temuannya tahun 1949, dan kemudian menjual hak patennya pada Keko Corporation.