by

Tiga Calon Mengganti Giampiero Ventura Pelatih Timnas Italia

 

Timnas Italia gagal tampil di Piala Dunia 2018 menyusul kegagalan menalukkan swedia pada play-off kualifikasi, Dari dua leg yang di gelar, Italia kalah agregat 0 – 1. Gli Azzuri kalah di markas Swedia 0 – 1.

Menyusul kegagalan tersebut, pelatih timnas Italia Giampiero Ventura dikabarkan akan mengundurkan diri. Ia disebut-sebut meminta uang pesangon 700 ribu euro untuk sisa kontraknya.

Berikut calon-calon pengganti pelatih timnas Italia :

1. Roberto Mancini

Roberto Mancin

 

 

Roberto Mancini sebagai salah satu kanidat untuk mengantikan pelatih timnas Italia. Mantan pelatih Inter Milan tersebut dianggap tepat untuk mendidik generasi muda Italia selepas pensiunnya empat pemain bintang.

Saat ini, Mancini masih menukangi Zenit Saint Petersburg. Ia masih terikat kontrak sampai Juni 2020 dengan klub Rusia itu. Akan tetapi, ia bisa saja meninggalkan Zenit apabila mendapat panggilan dari timnas Italia.

Dari sisi pengalaman, Mancini pernah mengantarkan Inter Milan juara Liga Serie A Italia selama beberapa musim. Selain itu, ia juga pernah membawa Manchester City juara Premier League.

2. Antonio Conte

Antonio Conte

Antonio Conte akan menggantikan Ventura juga tak kalah santer. Bahkan, banyak pihak yang menyarankannya untuk kembali ke timnas Italia. Conte pernah melatih timnas Italia di rentang Agustus 2014 sampai Juni 2016, sebelum akhirnya melatih Chelsea. Ia sempat memimpin Italia tampil di ajang Piala Eropa 2016 di Prancis.

Berkat tangan dinginnya, Italia mampu menyingkirkan Swedia di babak penyisihan grup, serta mengalahkan Spanyol 2-0 pada babak 16 besar waktu itu. Italia gugur di perempat final, kalah adu penalti dari Jerman.

3. Carlo Ancelotti

carlo-ancelotti

Carlo Ancelotti, juga disarankan untuk melatih timnas Italia. Beberapa pihak yakin kalau mantan pelatih AC Milan, Chelsea, Real Madrid, PSG, dan Bayern Munchen itu akan membawa Italia kembali berjaya. Segudang pengalaman yang dimilikinya sangat menunjang hal itu.

Ancelotti belum tentu bersedia jika ditawari melatih timnas Italia. Selepas dipecat Bayern Munchen, beberapa waktu lalu, ia menyatakan ingin rehat selama setahun.

Meski hampir selalu sukses di level klub, Ancelotti memang belum teruji di level tim nasional. Pelatih 58 tahun itu pernah menjadi asisten pelatih timnas Italia di awal karier kepelatihanya pada 1992 sampai 1995. Namun, sejak saat itu ia tidak pernah melatih timnas.