by

TNI Canangkan Pembangunan Zona Integritas Di PM Kupang

TNI Canangkan Pembangunan Zona Integritas Di PM Kupang

Bulatin.com – Mewujudkan transparansi dan bebas korupsi di Pengadilan Militer III-15 Kupang, Nusa Tenggara Timur, tiga matra Tentara Nasional Indonesia ( TNI) yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan Hawa (AU) dan Angkatan Laut (AL) menggelar pencanangan pembangunan zone jujur dan berkarakter kuat bersamanya.

Pencanangan zone jujur dan berkarakter kuat ini dikerjakan dengan arah supaya terwujudnya pengadilan militer yang bersih, bebas Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN), penambahan kualitas service publik, serta transparan dalam akan memutuskan tiap-tiap masalah yang menyertakan kesatuan TNI.

Kepala Pengadilan Militer III-15 Kupang, Letkol CHK Adeng pada merdeka.com mengatakan, pekerjaan ini menjadi bentuk dari prinsip bersama dengan, untuk menyelenggarakan proses peradilan yang transparan dan akuntabel untuk hindari terjadinya KKN.

“Tujuan ini cuma bisa diraih dengan prinsip bersama dengan dari semua anggota Dilmil III-15 Kupang untuk mewujudkannya, oleh karena itu saya sebagai kepala Pengadilan Militer III-15 Kupang mendesak dan ajak pada semua unsur pimpinan, beberapa hakim, pegawai serta honorer untuk bekerja bersama dan saling kerja dalam bangun dan mengawasi zone jujur dan berkarakter kuat yang sudah ditargetkan ini,” katanya, Rabu (30/1).

Ia menginginkan suport dari semua pihak baik kepala unit, komuniti hukum TNI, ataupun masyarakat untuk selalu mengamati, mengkritik dan memperingatkan pihaknya supaya selalu terlepas dari perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji dan mengakibatkan kerusakan prinsip jujur dan berkarakter kuat tersebut.

Sesaat itu, Komandan Detasemen Polisi Militer IX/1 Kupang Letkol CPM Dwi Bangun Wahyu Jatmiko menyatakan, proses hukum di Pengadilan Militer transparan, bila ada masyarakat melapor dirugikan atau apa pun oleh anggota TNI, tentu akan dilakukan tindakan dengan jujur dan adil tidak memandang strata.

“Proses hukum di Pengadilan Militer transparan. Dalam proses hukum nantinya kita Denpom IX/1 Kupang terima semua laporan, kita akan kerjakan penyidikan sesuai dengan ketentuan yang laku, lalu kita berikan berkas dan tanda bukti ke Otmil bila telah komplet dan akan disidangkan serta ditetapkan di Pengadilan Militer, begitu prosesnya dan kita transparan,” katanya.

Dengan pencanangan zone jujur dan berkarakter kuat ini, Pengadilan Militer beserta tiga Matra TNI akan memiliki komitmen, untuk menentang tindakan koruptif, dan hindari makelar masalah sehingga terlepas dari tindakan tidak terpuji di mata masyarakat sipil.