by

Vicky Piria Pembalap Cantik Formula 3 asal Italia

BAGI pecinta olahraga balap mobil khususnya di Formula 3 (F3) nama Vicky Piria memang cukup dikenal. Pasalnya selain cukup handal dalam mengendarai mobil F3-nya, Piria juga dikenal sebagai wanita dengan paras yang mampu membuat kaum Adam terpesona.

Piria sendiri mengawali kariernya sebagai pembalap dengan turun di kompetisi gokart junior ketika masih berusia 10 tahun. Di kompetisi gokart junior, kiprah Piria sangat menjanjikan. Bahkan hanya lima tahun berselang, Piria berhasil membawa namanya naik peringkat ke KF3.

Pada 2009 Piria berkesempatan untuk menjalani karier sebagai pembalap Formula dengan tampil dalam ajang Formula 2000 Light dan Formula Renault 2.0 Championship. Namun sayang, Piria kurang begitu menonjol dalam dua turnamen balap Formula yang diikutinya tersebut.

Ya, Piria hanya mampu menjalani enam dari 15 balapan yang terjadwalkan. Bahkan Piria hanya mampu dua kali benar-benar meraih poin di enam balapan yang dijalaninya tersebut. Meski begitu tidak lantas membuat hasrat Piria untuk tetap menekuni kariernya sebagai pembalap luntur begitu saja.

Pada tahun 2010, Piria beralih ke seri Formula Abarth yang baru diluncurkan di Italia, dengan nama Tomcat Racing. Hasil terbaiknya adalah finis di tempat ke-14 di Magione yang membawanya ke tempat ke-34 dalam klasemen seri.

Semusim berselang, Piria tetap berpartisipasi di Formula Abart dengan membela Tim Prema Powerteam. Piria sendiri berhasil meraih lima poin di Italia dan tiga balapan seri Eropa lainnya, yang mana membuat dia akhirnya finis di urutan ke-15 pada klasemen akhir.

Piria sendiri sempat satu tahun tampil di GP3 dengan membela Tim Trident Racing. Dalam kejuaraan tersebut, Piria mampu menjalani 16 balapan. Namun catatannya kurang begitu mengesankan dan akhirnya menyelesaikak GP3 2012 dengan menempati posisi ke-27.

Pada 2013, Piria berkesempatan untuk tampil di kejuaraan Eropa F3 dengan membela panji Tim BVM Racing. Di kejuaraan Eropa F3, wanita berkebangsaan Italia tersebut sendiri mampu menorehkan hasil yang cukup mengesankan.

Ya, dari 16 balapan yang berlangsung di kejuaraan Eropa F3, Piria cukup sering menyelesaikan race di posisi 10 besar. Catatan terbaik wanita kelahiran Milan, 11 November 1993 tersebut adalah finis keempat kala tampil dalam balapan F3 di Prancis.

Piria sendiri akhirnya mampu menyelesaikan kejuaraan Eropa F3 dengan menempati posisi ke-10 dengan raihan 33 poin. Sejak saat itu, perjalanan karier Piria di dunia balap cukup mengesankan. Kini Piria sendiri tampil di kejuaraan Formula Renault Eurocup dengan membela Tim Bhaitech Racing.