by

Xavi Menegaskan Lini Tengah Barcelona Akan Diisi Oleh Sergio Busquets

Fans Barcelona mungkin sudah sering mengkritik Sergio Busquets dan mendesaknya ke bangku cadangan. Namun, hingga kini Xavi menegaskan Busquets masih sangat penting.

Beberapa waktu lalu, Busquets bicara cukup panjang di media mengenai posisi dan gaya mainnya di Barcelona. Dia menjawab kritik fans yang menudingnya lambat dan tidak punya kemampuan lain.

Busquets tidak membantah tudingan tersebut. Bahkan, dia mengakui bahwa dia adalah pemain lambat, tidak bisa bergerak cukup cepat di lapangan.

Namun, di sisi lain Busquets memegang peran sangat penting sebagai gelandang bertahan. Peran inilah yang ditegaskan Xavi, apa katanya?

Ada banyak tuntutan dan kritikan untuk Busquets. Gelandang Spanyol itu dianggap lambat, tidak bisa menjangkau area luas di lapangan, dan tidak bisa mengisi posisi lain.

Namun, bagi Xavi tidak ada masalah dengan batasan Busquets tersebut. Baginya kontribusi Busquets masih sangat penting.

“Busquets punya posisi yang pasti dan dia tidak perlu menjadi pemain serbabisa. Meski begitu, ada pula pemain-pemain yang lebih serbabisa dan bisa membantu kami,” sambung Xavi.

“Seperti Arauo yang bisa main sebagai bek tengah atau bek sayap, atau Dest yang bisa bermain di kedua sisi. Mereka semua penting.”

Kritik yang menyerang Busquets mungkin bukan isu yang paling mengkhawatirkan bagi Barca. Pihak klub punya masalah yang lebih besar, yaitu mencari gelandang baru penerus Busquets.

“Saya kira Busquets bisa bermain lebih lama lagi. Dengan gaya bermain ini yang sangat cocok dengan gaya bermain tim nasional, dia bisa bermain untuk waktu lama dan kami bakal diuntungkan,” sambung Xavi.

“Frenkie dan Nico bisa bermain di posisi itu, meski menurut saya keduanya lebih cocok di posisi dalam. Bagi gaya bermain kami Busquets fundamental.”

“Ketika tiba harinya dia tidak bermain di sini lagi, kami harus mencari rencana baru, tapi sekarang bukan itu masalahnya,” tutupnya.