by

12 Ekor Rusa Di Penangkaran Malang Tewas Dengan Luka Gigit

12 Ekor Rusa Di Penangkaran Malang Tewas Dengan Luka Gigit

Bulatin.com – Sekitar 12 ekor rusa tutul di Penangkaran Kebon Jahe, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang diketemukan dalam keadaan mati. Sesaat 2 ekor yang lain masih hilang. Jasad rusa yang mati alami gigitan yang disangka oleh hewan buas.

Kepala Balai Besar Sumber Daya Alam (BB-KSDA) Jawa Timur Nandang Prihadi mengatakan, diketemukan sisa gigitan di leher jasad rusa tutul tersebut. Akan tetapi belumlah bisa diyakinkan type hewan yang menggigitnya.

“Keadaan rusa tutul yang mati diketemukan sisa gigitan pada lehernya. Hasil kontrol dokter hewan, jika kematian rusa karena gigitan binatang buas type carnifora, disangka sekitar lebih dari 3 ekor,” kata Nandang Prihadi saat dihubungi Senin (21/1).

Jasad rusa didapati pertama-tama oleh perawatnya pada Minggu (20/1) pagi pukul 06.30 WIB. Waktu akan memberikan makan, didapati 12 ekor rusa telah mati bergelimpangan. Sesaat 2 ekor yang lain tidak diketemukan di tempat sampai saat ini.

“Keseluruhnya rusa tutul yang ditangkar sekitar 14 ekor, 12 ekor mati di tempat dan 2 ekor tidak ada dalam tempat,” katanya.

Saat itu juga peristiwa itu dilaporkan ke pihak berkaitan, termasuk juga ke Polsek Jabung yang telah mendatangi tempat. Waktu ini jasad rusa tutul tersebut telah disemayamkan sesudah dikerjakan kontrol oleh dokter hewan.

Perlu untuk diketahui, Penangkaran Coban Jahe 3 ada di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Tempat Penangkaran di Ruang Wisata Coban Jahe yang bersebelahan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).