by

Ada Beberapa Masalah Proyek Palapa Ring

Ada Beberapa Masalah Proyek Palapa Ring

Bulatin.com Untuk Palapa Ring Paket Tengah serta Timur, gagasannya akan tuntas pada Agustus serta Desember 2018. Faktanya, Paket Tengah baru selesai 99 persen, sedang Paket Timur sampai 78 persen.

“Ya benar ada keterlambatan tetapi kita selalu dorong jangan pernah proyek ini berhenti. Alhamdulillah, proyek telah jadi 99 persen. Satu persennya untuk pengujian kestabilan serat optik,” kata Anang di kantor BAKTI Jakarta, Senin, 26 November 2018.

Dia menjelaskan salah satunya pemicu keterlambatan ialah pergantian masterplan dari Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat. Menurut dia, bila tidak ada jalan serta tiang listrik, BAKTI tidak dapat menghubungkan jaringan serat optik.

Anang ikut menuturkan jika pihak BAKTI mesti mengharmonisasi proyek Palapa Ring dengan proyek yang dibuat oleh kementerian yang lain.

“Pergantian masterplan bermakna merubah jalan ke kiri serta ke kanan. Berefek ke pembangunan. Kita mesti nantikan dahulu sampai tuntas baru sesudah itu kita bangun,” papar dia.

Kemudian, medan berat yang perlu dicapai ikut menjadi masalah, seperti jaringan kabel laut yang perlu terpasang. Permasalahan ini, lanjut Anang, di luar kuasa BAKTI.

Ditambah kembali aspek alam yang mengakibatkan kabel laut terputus. “Ada pula masalah seperti kabel yang tidak diduga putus di laut. Jadi mesti kembali lagi kapalnya. Nah, jumlahnya kapal juga hanya terbatas,” papar Anang.