by

Cara Cepat Dapatkan FYP TikTok dan Jam Khusus Unggah Konten

TikTok berhasil menjadi salah satu media sosial berbagi video pendek yang paling populer saat ini (saat ini sudah ditambah maksimal 3 menit, sebelumnya 1 menit) baik di Indonesia bahkan di Dunia.

Di TikTok kamu bisa video pendek maksimal 3 menit disertai dengan backsound musik sedang populer yang cara menambahkannya pun sangat mudah. Tidak perlu menggunakan aplikasi editor video lain.

Selain itu ada fitur FYP ( For Your Page) dimana fitur ini menampilkan video berdasarkan apa yang kita sukai.

Setiap konten yang masuk ke FYP secara otomatis akan ditonton oleh banyak orang dan akan mendapatkan banyak view secara drastis.

Apa Itu Pengertian FYP?

FYP di TikTok adalah singkatan dari For Your Page. Artinya adalah halaman rekomendasi atau halaman awal pada TikTok yang bisa langsung dilihat pengguna saat membuka aplikasi medsos tersebut. FYP ini berisi kumpulan video yang sedang naik daun atau populer. Video yang tampil pada FYP TikTok tersebut bukan dipilih secara random, namun deretan video yang memiliki jumlah penonton banyak.

Cara Masuk FYP di TikTok

Untuk masuk ke FYP, ternyata tidak sembarangan. Terdapat beberapa cara khusus yang harus kamu perhatikan agar video kamu bisa dengan mudah masuk FYP.

Berikut ini beberapa cara agar video kamu bisa masuk di FYP TikTok.

  • Unggah video dengan kualitas yang baik
  • Gunakan efek video
  • Tambahkan musik yang sedang tren di TikTok
  • Buat caption yang menarik
  • Tambahkan hashtag yang sedang trending
  • Berinteraksi dengan pengguna lain
  • Buat konten semenarik mungkin
  • Lakukan duet atau kolaborasi
  • Ikuti tren yang sedang ada
  • Perhatikan jam upload
  • Lebih sering lakukan live di tiktok agar terjadi interaksi dengan followers.

Selain cara-cara di atas, ternyata ada juga jam khusus untuk mengunggah video agar bisa FYP. Jadi tidak hanya sekedar posting saja.

Secara umum, waktu terbaik untuk mengunggah konten di TikTok yaitu sekitar pukul 12.00 – 14.00 untuk siang hari, dan pukul 19.00 – 23.00 untuk malam hari.

Agar lebih jelas lagi, berikut ini akan kami sajikan jadwal FYP TikTok hari ini untuk setiap harinya. Karena ternyata jam FYP TikTok tidak semuanya sama antara satu hari dan hari lainnya.

Jadwal Harian FYP Tiktok

Hari Senin: Jam 12.00 – 13.00 Waktu Setempat

Hari senin merupakan hari paling sibuk dimana semua orang melakukan kegiatan seperti bekerja atau bersekolah setelah melewati hari libur.

Jadi untuk jam upload konten TikTok yang paling tepat di hari senin adalah pukul 12.00 – 13.00.

Jika dibawah jam tersebut konten kamu tidak akan ditonton oleh kebanyakan orang karena sedang sibuk bekerja. Oleh karena kebanyakan pengguna TikTok akan mulai mengakses aplikasi tiktok lagi pada waktu istirahat.

Hari Selasa: Jam 16.00 Waktu Setempat

Pada sebuah analisa, hari selasa masih termasuk kedalam hari yang sibuk. Dimana pengguna TikTok akan sangat jarang membuka TikTok di jam kerja pada hari ini.

Jadi waktu terbaik untuk upload konten agar bisa masuk FYP TikTok di hari selasa adalah pukul 16.00.

Karena pada pukul 4 sore tersebut orang-orang mulai banyak yang sudah sampai rumah dan melepas lelah dengan melihat konten TikTok yang menghibur.

Hari Rabu: Jam 11.00 -13.00 dan 21.00 Waktu Setempat

Di hari ketiga dalam urutan pekan pertama ini biasanya orang sudah mulai jenuh dengan rutinitasnya.

Jadi dengan begitu biasanya mereka akan cenderung untuk melampiaskan kejenuhannya dengan membuka media sosial, salah satunya yaitu TikTok.

Jadi jadwal FYP TikTok di hari rabu adalah pukul 11.00 – 13.00 dan pukul 21.00.

Biasanya pekerjaan di hari rabu juga sudah tidak sepadat senin dan selasa, oleh karena itu ada sebagian penonton yang membuka aplikasi pada waktu menjelang istirahat.

Hari Kamis: Jam Siang 12.00 pagi – 13.00 dan Sore 15.00 – 15.00 dan 20.00 – 23.00 Waktu Setempat

Hari tengah-tengah diantara semua hari di dalam satu pekan ini, manusia sudah cenderung lebih santai dalam menghadapi hari-harinya.

Dengan begitu, maka jadwal FYP TikTok di hari ini akan semakin banyak. Dimana kamu bisa mengunggah 3 konten sekaligus pada hari kamis di jam yang berbeda.

Jadwal yang pertama yaitu pukul 12.00 – 13.00, lalu di sore hari pada pukul 15.00 – 16.00, dan terakhir pada pukul 20.00 – 23.00.

Hari Jumat: Jam Siang 11.00 – 13.00 dan Jam Sore 15.00 – 16.00 dan Malam 20.00 – 23.00

Hari terakhir sebelum weekend ini orang-orang sudah semakin santai dan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menghibur diri, salah satunya yaitu dengan membuka sosial media.

Jika kamu akan mengupload konten TikTok di hari jumat, kamu bisa melakukannya di jam 11.00 – 13.00, lalu pada jam 15.00 – 16.00, dan di malam hari pada pukul 20.00 – 23.00.

Hari Sabtu: Jam 09.00 pagi – 12.00

Di hari pertama weekend ini, adalah waktu yang sangat kami rekomendasikan untuk upload konten kamu.

Karena pada hari ini, sebagian besar orang mulai libur kerja dan ada waktu bersantai untuk menikmati konten TikTok yang menghibur.

Jadi kamu bisa mengunggah video TikTok di hari Sabtu ini mulai dari jam 09.00 sampai jam 12.00.

Untuk malam harinya, sebaiknya jangan unggah Konten terlebih dahulu, karena di malam minggu ini banyak orang yang pergi beraktivitas dan menghibur diri keluar rumah.

Hari Minggu: Jam 07.00 pagi – 08.00 dan Jam Siang 11.00-12.00 kemudian Jam Malam 19.00 – 21.00

Hari libur yang dinanti semua orang setelah sibuk dengan aktivitasnya selama beberapa hari kebelakang ini menjadi waktu yang paling tepat untuk mengunggah video TikTok.

Bahkan di hari ini, kamu bebas mengupload video TikTok di jam berapapun dan sebanyak apapun.

Karena kesempatan agar video TikTok kamu bisa masuk FYP sangatlah tinggi di hari minggu.

Itulah rincian mengenai jadwal FYP TikTok setiap harinya, selalu perhatikan jam tersebut agar video yang kamu unggah masuk ke FYP.

Nah mungkin anda perlu mencatat jadwal FYP TikTok agar kedepannya jadwal upload kamu bisa lebih konsisten dan rapi.

Cara Mendapatkan Uang di Tiktok

1. Cara Mendapatkan Uang di Tiktok Lewat Personal Branding

Sebelum mengetahui cara mendapatkan uang di TikTok, ada serangkaian proses yang harus kalian jalani. Kalian perlu menunjukkan kualitas diri agar audiens tertarik. Jika kalian serius ingin melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.Topik konten yang konsisten akan menjadi citra yang melekat pada diri kalian. Topik tersebut yang akan menentukan kalian dikenal sebagai kreator tertentu. Secara umum, berikut ini merupakan topik yang ada di TikTok.

1. Hiburan: Berhubungan dengan film, buku, serial, musik, komik, anime, dan lainnya.

2. Kecantikan: Makeup, gaya busana, perawatan rambut dan kuku, dan lainnya.

3. Pertunjukan: Komedi, akting, lipsync, cover lagu, prank, dance, challenge, dan lainnya.

4. Pembelajaran: Tutorial, teknologi, resep memasak, fotografi atau videografi, dan lainnya.

5. Gaya hidup: Tips hubungan, sekolah, karir, pengembangan diri, motivasi, dan lainnya.

Topik di atas bisa ditentukan sesuai ketertarikan atau minat kalian pada suatu hal. Topik yang disebutkan di atas tak membatasi kalian untuk menemukan ide lain! Kalian juga perlu berusaha agar algoritma TikTok mengenal minat tersebut. Usaha tersebut bisa kalian mulai dengan cara berikut ini:

1. Mencari, menonton, dan berinteraksi pada konten sesuai topik yang FYP.

2. Follow kreator lain dengan topik yang sama.

3. Usahakan untuk mengikuti tren dan challenge yang relevan dengan topik kalian.

4. Buat konten secara konsisten.

5. Pilih hashtag yang berhubungan dengan topik.

6. Pilih musik yang sedang viral.

Dengan menerapkan cara di atas secara konsisten, kalian akan mendapatkan peminat atau followers secara perlahan. Selanjutnya, bersiap-siaplah untuk menghasilkan uang melalui berbagai cara yang ada di penjelasan selanjutnya.

2. Cara Mendapatkan Uang di Tiktok dengan Menjadi Influencer

Cara mendapatkan uang di TikTok yang bisa kalian lakukan setelah mendapat followers banyak adalah dengan menjadi influencer. Power kalian dalam mempengaruhi audiens bisa kalian gunakan untuk membuka endorse atau paid promote berbagai merek produk.
Pengguna dan kreator TikTok yang makin banyak dengan konten beragam membuat perusahaan pun tertarik untuk mempromosikan produk melalui platform ini. Seperti media sosial lain, kalian pun berpeluang untuk mendapat endorsement dan menghasilkan uang.3. Cara Mendapatkan Uang di Tiktok dari Sponsor

Tak hanya berhenti pada influencer, kalian juga berpeluang mendapatkan sponsor khusus dalam membuat konten. Itu juga menjadi salah satu cara mendapatkan uang di TikTok yang sangat potensial. Apalagi jika followers, like, dan interaksi di konten kalian terus meningkat setiap hari.Sebagai contoh, kalian bisa melihat Loren Grey, influencer yang menjalin kerja sama dengan perusahaan kosmetik Revlon dalam memproduksi konten. Selain itu, ada Josh Richards yang punya kontrak dengan perusahaan besar, yakni Reebok dan House Party. Selanjutnya, ada Spencer X yang karena popularitasnya, dia mendapat sponsor dari Uno, Oreo, dan Sony.

4. Cara Mendapatkan Uang di Tiktok dengan Membentuk Agensi

Selain melakukan personal branding secara mandiri, cara mendapatkan uang di TikTok juga bisa kalian lakukan dengan membentuk sebuah agensi. Kalian bisa menjadi penghubung antara perusahaan dengan influencer TikTok untuk mempromosikan suatu produk.
Apalagi jika kalian sudah memahami konten marketing, kalian bisa mengarahkan para kreator yang ada di agensi kalian dalam memproduksi kontennya agar lebih menarik. Kelola kerja sama tersebut dengan baik agar agensi kalian terus berkembang.5. Cara Mendapatkan Uang di Tiktok dari Donasi Koin

Cara mendapatkan uang di TikTok selanjutnya bisa kalian lakukan melalui donasi koin saat melakukan live. Hal ini memungkinkan karena memang terdapat fitur ‘donasi’ yang disediakan. Jika followers kalian sudah banyak dan bisa melakukan live, peluang untuk menghasilkan uang pun makin besar lagi.Sistem donasi ini pun tidak terlalu rumit. Saat kalian melakukan live, audiens yang menyukai konten kalian akan memberikan koin yang sebelumnya telah dibeli dengan harga kurang lebih Rp20.000 untuk 100 koin. Selanjutnya, kalian bisa mencairkan donasi itu melalui PayPal.

6. Cara Mendapatkan Uang di Tiktok dengan Menjadi Artis

Tak hanya cara mendapatkan uang di TikTok, kalian juga bisa menjadikan platform ini sebagai ruang untuk berbagi karya dan mengawali karier sebagai artis. Entah itu lagu, dance, bahkan mini series. Seperti yang dilakukan oleh Bang Dep atau @devrisim misalnya. Dia begitu konsisten membagikan mini series fantasi yang awalnya dia kira tak akan terlalu digemari. 

Namun ternyata, mini series dengan karakter peri, kurcaci, dan makhluk fantasi lainnya disukai hingga membuat akunnya terus berkembang hingga kini.

7. Cara Mendapatkan Uang di Tiktok dengan Berjualan

Selanjutnya, cara mendapatkan uang di TikTok bisa kalian lakukan dengan menjual produk kalian sendiri. Jika kalian bisa mempromosikan produk dari perusahaan lain, mengapa tak mencoba untuk membuat produksi sendiri?Produk yang bisa kalian produksi pun beragam. Bisa disesuaikan dengan topik yang selama ini kalian sajikan atau bisa coba membuat merch. Misalnya, jika kalian seorang beauty enthusiast, mengapa tak mulai membuat brand sendiri dan menjualnya?

8. Cara Mendapatkan Uang di Tiktok dengan Jual-Beli Akun

Jika kalian sudah berhasil menerapkan berbagai cara mendapatkan uang di TikTok yang sudah disebutkan maka menjual akun bukanlah hal yang mustahil. Terapkan trik yang kalian lakukan sebelumnya untuk membangun akun yang baru.

Selain itu, kalian juga bisa menjual jasa sebagai konsultan bagi kreator lain yang kesulitan dalam membangun akun.