by

Deretan Artis Transgender Indonesia, No 6 Bikin Kaget

Artis transgender di Indonesia semakin terbuka dengan identitas gendernya. Sebut saja Millen Cyrus dan Dena Rachman yang secara terang-terangan memberitahu publik perubahan yang terjadi dalam hidupnya.

Jauh sebelumnya ada sosok Dorce Gamalama. Artis senior tersebut hingga kini masih eksis di dunia hiburan.

Keterbukaan identitas gender yang dilakukan artis-artis transgender awalnya mendapat cibiran dan hinaan. Di sisi lain, banyak juga fans yang mendukung selagi mereka masih menebarkan kebaikan untuk sesama dan tak merugikan orang lain.

Tak hanya Millen Cyrus dan Dena Rachman yang mengaku transgender, ada juga nama-nama selebriti Indonesia yang terbuka dengan identitas gendernya tersebut. Siapa saja mereka?

1. Millen Cyrus

Perubahan Millen Cyrus dari laki-laki menjadi perempuan seperti sekarang bukan hal mudah. Banyak batu sandungan yang dilalui, termasuk dari tantenya Ashanty. Ya, hadir di tengah-tengah keluarga selebriti membuat Millen juga sempat disorot publik saat dirinya masih sekolah. Ini terjadi karena kedekatannya dengan Aurel Hermansyah.

Sampai akhirnya, identitas gender Millen berubah dari laki-laki menjadi perempuan. Penampilannya pun berubah drastis. Pemilik nama lahir Milendaru Prakasa Samudero tersebut kini memiliki payudara dan total looks-nya sangat perempuan. Millen mengaku bahagia dengan identitas gendernya saat ini.

2. Dena Rachman

Artis Indonesia lainnya yang terang-terangan memberitahu publik dirinya melakukan perubahan gender adalah Dena Rachman. Mantan penyanyi cilik ini open sebagai perempuan pada akhir 2020.

Pengakuannya itu pun disorot publik. Terlebih, Dena juga diketahui pindah keyakinan. Meski begitu, saat ini Dena banyak menyebar pesan positif melalui media sosialnya.

3. Oscar Lawalata

Desainer yang memfokuskan diri pada pengolahan material kain wastra Indonesia ini pun tak malu memperkenalkan dirinya sebagai perempuan sekarang. Pengakuannya itu menyeruak ke publik pada pertengahan 2020. Sang ibu pun tak mempermasalahkan hal tersebut.

Di Instagram pribadi Oscar membagikan momen romantis dengan pasangan prianya yang berkebangsaan asing. Dia sangat bahagia dengan identitas gender yang barunya.

4. Dinda Syarif

Nama lainnya adalah Dinda Syarif. Perempuan muda ini adalah transgender yang terlahir laki-laki namun kini sangat anggun. Tak hanya cantik, Dinda pernah membanggakan Indonesia di ajang Miss International Queen 2018 ajang kecantikan khusus transgender.

Dia pun terus memberikan semangat positif untuk mereka yang punya perasaan sama dengannya. Potret di Instagramnya tak kalah seksi dengan Millen, lho.

5. Stasya Bwarlele

Perempuan ini pun mengaku transgender. Stasya kini disibukkan dengan aktivitasnya di YouTube sebagai content creator, termasuk menyebarkan pesan positif untuk masyarakat dengan mencintai diri sendiri.

Diketahui, dia adalah putra Indonesia yang cerdas. Mengenyam pendidikan di luar negeri, Stasya akhirnya pulang dan kini menapaki kehidupan di dunia hiburan. Dia tak ragu memperlihatkan pasangannya pria.

6. Lucinta Luna

Ayluna Putri alias Lucinta Luna lahir dengan nama Muhammad Fatah di Jakarta, 16 Juni 1989. Dia adalah seorang penari, aktris, selebgram dan penyanyi transgender. Dalam beberapa kesempatan Lucinta memebuat heboh dengan mengaku hamil dan sudah menikah siri dengan kekasihnya Idriz Bozkurt.

7. Dorce Gamalama

Dorce Gamalama lahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi asal Solok, Sumatera Barat, pada 21 Juli 1963. Dia dikenal sebagai artis senior dari pembawa acara, penyanyi, hingga akting.

Nama panggung “Dorce” mulanya diberikan Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls lantaran saat menjalani profesinya Dorce lebih sering memposisikan dirinya sebagai seorang wanita. Dia kemudian lebih dikenal dengan nama Dorce Gamalama. Nama Gamalama diambil dari Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Kepulauan Maluku.

Setelah kepulangannya dari ibadah haji, dia juga menambakan namanya menjadi Dorce Gamalama Halimatussadiyah.