by

Dinas Sosial Lakukan Razia Gelandangan Dan Orang Gila

Dinas Sosial Lakukan Razia Gelandangan Dan Orang Gila

Bulatin.com – Menjelang pelaksanaan Asian Games 2018, Dinas Sosial (Dinsos) Palembang akan merazia gelandan gan, pengemis, dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di kota itu . Lokasi strategis yang sering jadi tujuan adalah obyek wisata.

Kabid Rehabilitasi Sosial (Resos) Dinsos Palembang, Elvis Rusdi mengatakan , razia tersebut mempunyai tujuan untuk memberi kenyamanan dan keamanan buat tamu luar negeri saat ada di kota pempek. Untuk mengoptimalkan hasil, pihaknya akan bekerja saat 24 jam /hari dengan pembagian tiga tim .

” Akan kami razia, titik-titik yang ramai akan diawasi, misalnya di beberapa tempat wisata atau pusat keramaian, ” papar Elvis, Kamis (2/8).

Dikatakan nya, gepeng dan orang gila itu nanti nya akan direhabilitasi di panti sosial untuk pembinaan. Lalu mereka akan dikembalikan ke daerah asal dengan pertolongan pendanaan.

” Kita perbaiki mereka supaya tidak kembali berkeliaran, ” katanya.

Menurutnya, jumlah gepeng dan orang gila yang berkeliaran di Palembang termasuk cukuplah banyak. Hal ini dibuktikan dengan tangkapan tiap-tiap tahun yang sampai ratusan orang.

” Tahun-tahun yang telah dapat 600 orang terjaring, sepuluh % orang gangguan jiwa, ” katanya.

Elvis memberikan, sebagian gepeng yang sempat diamankan berasal dari pulau Jawa dengan tujuan mencari pekerjaan di Palembang. Saat masih menganggur, mereka pilih mencari nafkah lewat cara mengemis.

” Kita koordinasikan dengan Dinsos tempat tinggalnya, lalu dipulangkan, ” ujarnya.