by

Dr Tirta Sentil Youtuber yang Hobi Pamer Mobil Mewah Sumbang Corona

Penyebaran virus corona atau COVID-19 di Tanah Air kian mengerikan dan menghantui banyak kalangan. Hingga tulisan ini dimuat, Kamis 26 Maret 2020, sudah ada 790 penduduk Indonesia yang dinyatakan positif terdampak virus, dan 58 di antaranya meninggal dunia.

Terus bertambahnya angka tersebut membuat kalangan berpenghasilan besar ramai-ramai menyumbangkan sebagian hartanya untuk membantu pencegahan virus corona di Indonesia. Selain pejabat, pengusaha dan selebrita juga turut ambil bagian yang sama.

Dalam kasus ini, kalangan yang paling sering mendapat sorotan ialah Youtuber atau kerap disebut Influencer (sosok berpengaruh). Sebab, pada unggahan di saluran pribadinya, mereka kerap memamerkan mobil mewah dan harta benda lainnya. Seharusnya, dalam kondisi saat ini, mereka mau mendonasikan sedikit penghasilannya.

Tenaga medis yang acap membagikan informasi soal kesehatan di media sosial, Dr. Tirta turut menyindir kalangan influencer yang bungkam saat Indonesia sedang dihantam virus mematikan. Bahkan, ia meminta mereka untuk menjual mobil mewahnya dan menyumbangkan hasil penjualan tersebut.

“Selayaknya kita, kalian-kalian itu, Atta Halilintar, Reza Arab, dan temen-temennya, yang follower-nya banyak, yang selalu pamer mobil mewah di setiap Instagram dan YouTube-nya. Tolong lah jual satu mobilmu, berikan donasi kepada teman-temanmu, kalau kamu memang real pahlawan di sini,” ujarnya di acara Indonesia Lawyers Club TVOne.

“Jangan bisanya pamer, tapi enggak mau berbagi,” sambungnya.

Sedang di kesempatan yang sama, hadir juga driver ojek online yang belakangan viral di media sosial karena curhatannya mengenai kondisi dirinya dan rekan seprofesinya di lapangan saat terjadi corona. Pria bernama Ginanjar itu membenarkan ucapan Dr. Tirta, dan menyebut Influencer bergaya hidup mewah belakangan bagai hilang ditelan bumi.

“Hallo, ke mana kalian yang suka posting-posting di media sosial? Yang jumlah follower-nya banyak, yang jumlah subscriber-nya banyak, yang berpenghasilan banyak. Hallo, share dong kegiatan kalian lagi berbagi dengan yang lain,” terangnya dengan nada kecewa.

“Kalian itu influencer, kalau kalian mencotohkan yang bagus, nanti yang lain pasti ikutan. Dalam kondisi begini, jangan dulu mikirin ria. Malaikat pasti mencatat pahalanya,” kata dia menambahkan.