by

Dr. Tirta Bongkar Modus Mantan Admin Akun Gosip Memeras Artis

Baru-baru ini Tirta Mandira Hudhi atau yang lebih akrab disapa dr.Tirta mengungkapkan hal mengejutkan. Bagaimana tidak, dokter sekal igus influencer ini baru saja membongkar soal praktek pemerasan yang terjadi di kalangan artis.

Tirta menyuarakan kasus ini setelah dirinya, juga sang ajudan Ewin Ucok jadi korban. Ia bahkan menceritakan bagaimana modus pelaku hingga inisial namanya.

“Ada seseorang inisial A, orang itu sering buat isu dan fitnah yang digiring opini seolah jadi fakta,” ujar dr. Tirta seperti dilansir dari Pojoksatu.id saat dihubungi via sambungan telepon, Kamis (5/11). “Orang ini biasanya menyebar kayak fitnah atau isu dengan no mention sampai akhirnya netizen yang menggiring opini dan mempercayai apa yang disebar A.”

Pasca menyebarkan gosip dan menjadi bahan gunjingan, pelaku lantas menghubungi sang artis untuk melakukan penawaran. “Oknum tersebut akan mengontak artis/selebgram yang disenggol, kalau enggak mau isunya dilanjutkan, dilanjutin dealing,” tambah dr. Tirta.

“Dia enggak mau disebut pemerasan tapi uang damai. Itu cara pertama, yang kedua, dia (A) sengaja mecari kesalahan,” papar dr. Tirta. “Dia mainnya, ngancam ke polisi, ngajak ketemu, atau membuat narasi sampai netizen percaya.”

Tirta menyebutkan oknum inisial A pernah jadi admin di salah satu akun gosip. Namun akhirnya pelaku dikeluarkan tahun 2017 setelah kedapatan memeras artis.

“Oknum ini lebih mirip buzzer gosip, salah satu oknumnya tertangkap sama Syahrini. Dia memang tunggal, orang yang dibayar, dia akan cari akun-akun yang bisa kerja sama, dia memulai narasi sendiri,” terang dr Tirta. “Dulu 2017 dia (A) pernah menjadi admin salah satu akun gosip tapi dikeluarkan. Dia menggunakan akun gosip utuk memeras.”

Yang lebih mengejutkan lagi, ajudan Tirta, Ewin Ucok mengaku pernah diperas sampai Rp70 juta. Tirta sendiri sempat dihubungi pelaku saat heboh kasus dirinya berfoto di Hollywings saat pandemi padahal sedang membahas soal masker.

Lantas kini dr. Tirta tahu bahwa hasil uang pemerasan tersebut digunakan oleh pelaku untuk melakukan transaksi narkoba. “Dia minta bayarain 10 juta, ternyata duitnya untuk transaski narkoba,” terang dr Tirta.

“Ucok salah satu korban. Dia saksi hidup, dia tahu bahwa si tukang peras ini pernah mentransaksikan narkoba, jadi dia pernah minta menjualkan tablet ekstasi, dia juga pernah mengajak bang Ucok menyerang Young Lex tapi ditolak sama bang Ucok, dia juga pernah mengajak menyerang Tara Budiman tapi ditolak,” pungkas dr. Tirta. “Dia (A) bekerja berdasarkan request, misalnya tolong hancurkan artis ini. Dia lempar fitnah ke akun gosip, artis takut, baru 86, minta ketemu dan minta duit atau dia (A) cari kesalahan artis.”

Daftar Artis dan Selebgram yang Pernah Diperas AD Oknum Mantan Admin Akun Gosip

Dr Tirta mengumpulkan korban pemerasan yang dilakukan oknum mantan admin akun gossip berinisial AD.

Tidak hanya itu, dr Tirta yang merupakan kenal dengan para korban pun juga menampilkan kisaran nominal yang diminta AD.

Menurut caption Instagram @dr.tirta, berikut beberapa kejahatan dan artis yang menjadi sasaran korban maupun pernah dicoba untuk diperas AD:

 

1. @jeritaufik
“mengaku sebagai tim cyber crime dan tim narkoba. (Padahal dia warga sipil biasa) dia gunakan foto2 pake atribut anggota untuk mengancam korban. Dengan modus ini dia menyerang dan ngancem @jeritaufik (mas jeri sampe curhat d vlognya soal oknum ini)”

2. @thenewbikingregetantnbg
“bermasalah dengan @thenewbikingregetantnbg , dari duit donasi, dan menyalahgunakan tnbg untuk menyerang figur lalu minta tebusan. Akhirnya tnbg ilang, dan diganti akun baru”

3. @reuemirdhani dan @evoandrean
“mengancam dan fitnah @reuemirdhani , dan @evoandrean dan meminta tebusan jika ketemu, bukti lengkap. Emir dan evon menolak ketemu. Tapi diserang dan difitnah mulu”

4. @fiyan58 dan @tarrabudiman
“menyerang dan fitnah @fiyan58 dan @tarrabudiman , lalu meminta tebusan , dealing di gunawarman. Bukti video, foto, lengkap. Deal diangka xx.000.000 rupiah. Abis deal, kabur gitu aja”

5. Fathur Eks Presma UGM
“Menyerang dan memiftnah fathur, ex presma ugm sejak demo 22 september 2019, dan mengajak ketemu, minta tebusan milyaran. Ditolak. Skrng ig fatur ilang”

6. Young Lex
“Merencanakan untuk menyerang dan menjebak young lex, dan meminta tebusan (bukti ada di @winrioo)”

7. @winrioo
“Meminta tebusan 70.000.000 bermodus ancaman dan ada bukti SPK Ke @winrioo . Bukti transfer lengkap. Lalu meminta transferan rutin 2-4 juta rupiah (bukti lengkap)”

8. @holywingsindonesia
“Melakukan wanprestasi di kerjasama merch bersama @holywingsindonesia , stelah dibayar 10 juta rupiah. tidak bekerja sama sekali dan kabur (foto lengkap)”

9. Transaksi narkoba
“Transaksi narkoba dengan nama #instagrampink dan melakukan kdrt ke pasangannya di depan umum (menawarkan lwt media chat wa)”

10. Pansos kasus @jrxsid dan @duniamanji
“Dan banyak rekam jejak lagi. Skrng dia mau pansos via kasus @jrxsid dan @duniamanji , dengan mengaku tau segalanya. Padahal dia mau cari mangsa lagi”

“Semua korban akan bersatu, dan akan mengiris oknum “ad” ini sebelum lapor pihak berwajib. Kami ga fitnah. Mutasi rekening. Bukti chat. Dari banyak korban siap. Korban korban siap melaporkan. Tapi mau mengiris2 dulu. Makanya pake inisial aja,” tulis dr Tirta.