by

Fenomena Supermoon Kembali Terjadi Di Indonesia

Fenomena Supermoon Kembali Terjadi Di Indonesia

Bulatin.com – Kejadian supermoon akan kembali berlangsung di lokasi Indonesia. Supermoon merupakan kejadian alam saat tempat bulan ada dalam titik terdekatnya dengan bumi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memonitor adanya pasang air laut di beberapa lokasi Indonesia dalam empat hari kedepan saat supermoon. Diperkirakan berlangsung semenjak Sabtu sampai Selasa (22/1).

“Adanya kejadian Supermoon (tempat perigee atau jarak paling dekat bulan pada bumi) disertai dengan bulan purnama, perihal ini memengaruhi keadaan pasang maximum air laut di Indonesia,” demikian ditulis BMKG melalui account twiter resminya seperti diambil merdeka.com, Sabtu (19/1).

Penduduk diimbau untuk siaga berkaitan kejadian pasang maximum air laut yang berlangsung pada 19-22 Januari 2019 tersebut.
Beberapa lokasi yang diperkirakan akan alami pasang air laut yaitu pesisir utara DKI Jakarta, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, pesisir Cilacap, pesisir Tanjung Benoa Bali, pesisir Kalimantan Barat, dan pesisir Makassar Sulawesi Selatan.

“Perihal ini bisa berefek pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, kegiatan petani garam, dan perikanan darat serta pekerjaan bongkar muat di pelabuhan,” jelas BMKG.

Instansi tersebut pun minta masyarakat untuk menghadapi efek dari pasang maximum air laut dan selalu memonitor berita kelanjutan cuaca maritim dari BMKG.

Sesaat itu, Kepala Seksi Observasi dan Info Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Slamet Wiyono mengatakan pasang permukaan air laut diprakirakan berlangsung mulai malam sampai dini hari dengan waktu sampai enam jam.