by

Ini Cara Main dan Aturan di Game MOBA Pokemon United

Sejak pertama kali dirilis untuk versi mobile, Pokemon Unite langsung ramai dimainkan. Hadirnya Pokemon Unite ini jadi solusi bagi kalian yang merasa bosan dengan game MOBA lain seperti MLBB, LoL, hingga AoV. Pokemon Unite adalah game MOBA baru 5v5 dengan menggunakan karakter pokemon sebagai hero. Perbedaan Pokemon Unite dengan game MOBA lain adalah cara menyerang tower dan juga pembagian lane.

Di sini, kalian harus menyerang tower menggunakan poin yang bisa didapat saat membunuh monster jungle atau hero lain. Nantinya, kalian akan punya batasan poin yang bisa meningkat ditiap levelnya. Untuk level awal 1-5 maksimal poin yang bisa kalian kumpulkan adalah 30. Untuk level 6-10, ada 40 poin dan level 11 keatas akan bisa mengumpulkan 50 poin.

Untuk sistem laning Pokemon Unite, game ini hanya menyediakan dua lane yakni top dan bottom. Sedangkan untuk mid lane, hanya diisi oleh monster jungle yang bisa memberikan banyak exp level bagi pemain dibanding monster di top dan bottom lane.

Di awal permainan, kalian wajib menaikkan level karakter dengan cara membunuh monster atau hero lawan. Biasanya ini dilakukan di sebuah lane map. Jika sudah melewati level tertentu, karakter kalian bisa berevolusi dan mendapat skill yang lebih kuat. Namun, tak semua karakter Pokemon bisa berevolusi.

Hal terpenting di Pokemon Unite adalah mencetak poin untuk menghancurkan tower. Permainan yang dibatasi waktu 10 menit ini akan dimenangkan oleh tim yang berhasil mencetak poin paling banyak.

Kalian bisa mendapatkan poin dengan mengalahkan Pokemon liar atau Pokemon yang memang dikendallikan oleh tim musuh, lalu mengubah poin tersebut menjadi gol dengan melakukan slam dunk di area tower lawan. Meski terlihat mudah, namun hal tersebut jadi kesulitan tersendiri bagi para pemain Pokemon Unite.

Selain itu, kalian tak boleh asal menyerang tower lawan tanpa strategi yang matang. Sebab, jika kalian mencetak poin di tower lawan dan kalian terkena serangan, maka upaya kalian akan gagal. Intinya, cari lane yang kosong dan cetak poin secara diam-diam saat lawan fokus jungle atau team war.

Namun sebelum memainkan Pokemon Unite, ada hal-hal yang wajib diketahui. Apa saja?

Evolusi Pokemon

Inilah salah satu hal yang tidak dimiliki oleh game MOBA lainnya. Beberapa karakter dalam Pokémon Unite dapat berubah atau berevolusi menjadi Pokemon dengan level lebih tinggi. Semakin tinggi evolusi Pokemon, semakin kuat juga kemampuan yang dimiliki Pokemon tersebut.

Menariknya, proses evolusi Pokemon ini akan berlangsung di tengah pertempuran. Sebagai contoh, jika kamu memainkan Charmander, Pokemon ini akan berevolusi menjadi Charmeleon pada level 4, lalu berubah menjadi Charizard saat mencapai level 9.

Cara Memenangkan Permainan

Jika game MOBA lainnya diwajibkan untuk menghancurkan markas lawan untuk memenangkan permainan, hal ini tidak berlaku di Pokémon Unite. Untuk memenangkan pertandingan, kedua tim yang masing-masing diisi oleh 5 orang (5 vs 5) akan bersaing untuk mendapatkan skor tertinggi dengan cara mengumpulkan Aeos Energy dan memasukkan ke dalam goal zone lawan. Batas waktu permainan adalah 10 menit. Tim dengan skor tertinggi akan keluar sebagai pemenang permainan.

Tipe Pokemon

Karena berbasis permainan 5 vs 5, The Pokemon Company selaku pengembang game ini menyiapkan 5 kelas Pokemon yang berbeda, dengan tujuan agar para pemain bisa bekerjasama untuk memenangkan permainan.

Kelima tipe Pokemon tersebut antara lain:

Attacker: Pokemon yang masuk dalam kelas ini dibekali kemampuan memberikan damage yang besar, tapi mempunyai kurang dalam hal ketahanan karena jumlah health point yang sedikit.

Speedster: Sesuai namanya, Pokemon tipe ini mengandalkan kecepatan sehingga memiliki mobilitas yang tinggi dengan daya jelajah yang lebih luas. Pokemon seperti ini efektif untuk memberikan serangan kejutan agar dapat memperoleh poin.

All-Rounder: Dalam game MOBA lain, All-Rounder adalah sebutan bagi seorang Offlaner. Pokemon tipe ini mempunyai statistik ofensif dan daya tahan yang seimbang, sehingga cocok untuk bermain solo dan menyisir jalur atas atau bawah area (map) permainan.

Defender: Pokemon yang mempunyai daya tahan tinggi dan unggul dalam melindungi sekutu untuk menahan serangan lawan. Tipe pokemon ini biasanya akan berada di dekat Pokemon tipe attacker yang mempunyai health point lebih rendah. Ringkasnya, tipe Pokemon ini adalah tank yang bertugas menjaga core dari serangan musuh.

Supporter: Ini adalah tipe Pokemon yang memberikan dukungan untuk tim dengan kemampuannya dalam mengendalikan crowd control, seperti stun, knock up maupun healing. Biasanya, Pokemon tipe supporter akan berada di sekitar attacker dan defender.

Tips Game MOBA Pokemon United

1. Ketahui Komposisi Tim

Dalam bermain game MOBA komposisi tim adalah hal yang wajib adanya saat di pertandingan.

Karena akan berpengaruh pada jalannya strategi tim yang akan digunakan saat bermain.

Komposisi tim yang seimbang dalam Pokemon Unite adalah dua attacker, dua defender, dan 1 all arounder atau support.

2. Manfaatkan Pokemon Buff

Hampir sama dengan game MOBA lainnya, dalam Pokemon Unite ini juga disertai dengan pokemon jungle yang bisa menghasilkan buff.

Terdapat tiga jenis pokemon yang bisa menghasilkan buff, mereka adalah Rotom, Dreadnaw, dan Zapdos.

Ketiga pokemon tersebut bisa membantu untuk menambah jumlah bola dan bisa membantu menekan pertahanan lawan.

3. Jangan Fokus Membunuh Lawan

Kemenangan dari Pokemon Unite ini ditentukan berdasarkan berapa banyak jumlah bola yang dimasukkan dalam base lawan.

Oleh karena itu jangan terlalu fokus melakukan kill terhadap musuh, walaupun sebenarnya kill musuh juga bisa memberikan manfaat yaitu bertambahnya bola.

Tetapi harus juga memperhatikan jumlah bola yang akan dimasukkan, semakin banyak jumlah bola yang akan dimasukkan maka akan semakin lama prosesnya.

Baiknya, setiap mendapatkan 20-30 bola harus segera dimasukkan ke base lawan.

4. Perhatikan mini map dan waktu

Karena hanya dibatasi waktu selama 10 menit saja oleh karena itu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Misalnya jika di awal sudah banyak melakukan serangan dan memasukkan bola ke base lawan.

Maka pada menit-menit akhir harus fokus pada pertahanan dan jangan sampai lengah karena lawan bisa saja melakukan come back dengan memanfaatkan mini map.

5. Jangan Gunakan Aeos untuk Membeli Pokemon ini

Aeos coin adalah semacam diamond jika dibandingkan dalam permainan MOBA lainnya yang fungsinya sebagai alat jual beli.

Sebaiknya sebagai pemula jangan gunakan Aeos coin untuk membeli pokemon-pokemon seperti Ninetales, Cinderace, dan Greninja.

Karena ketiga pokemon tersebut bisa didapatkan sebagai hadiah di awal-awal bermain game.