by

Lalu Lintas Sekitar Hotel Bidakara Dialihkan Saat Debat Capres

Lalu Lintas Sekitar Hotel Bidakara Dialihkan Saat Debat Capres

Bulatin.com – Debat Perdana Pemilihan presiden 2019 akan digelar malam ini di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Mendekati debat sampai tuntas, lalu lintas di sekitar hotel akan diarahkan sesaat.

Kabag Bin Opsnal Ditlantas PMJ, AKBP Darmanto, mengatakan pengalihan arus lalu lintas untuk menghadapi membeludaknya massa simpatisan semasing paslon. Eksperimen lalu lintas diresmikan di beberapa titik ke arah Jalan Pancoran.

“Jadi pengalihan arus kita dari mulai pertigaan Kalibata. Arus dari Pasar Minggu, kami alihkan ke kanan arah tl (traffic light) Jambul di Dewi Sartika. Maju kembali pertigaan Duren Tiga, jika terlepas (tidak ada kepadatan lalu lintas) dari Kalibata, kami belokkan ke kiri, bahasanya bukan penutupan tetapi pengalihan. Terlepas Duren Tiga di Perdatam kami belok ke kanan, sehingga tembus Kalibata,” kata Darmanto saat dihubungi, Kamis (17/1).

“Jika memang Pancoran arah ke kiri Gatot Subroto sangat mungkin, Pancoran lurus ke Dr Soepomo memungkin, tidak permasalahan silakan. Kami coba membuat situasi yang normal, situasi kontijensi 1 dan 2,” sambungnya.

Sesaat, untuk pengamanan semasing capres-cawapres telah diresmikan dari mulai tempat tinggal beberapa paslon.

“Untuk paslon nomer 1 semoga Pak Jokowi startnya dari Istana Negara, ini gampang kami kerjakan pengamanan. Akan tetapi, bila start di Bogor, kami pun sediakan pengamanan rute di jalan. Begitu pun Pak Ma’aruf dari Situbondo, kami sediakan Jalan Rasuna Said, Pak Prabowo dari Kertanegara, dan Pak Sandi dari Wijaya. Kami sediakan,” tuturnya.

Awal mulanya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan kepolisian akan menerjunkan 2.000 personil kombinasi TNI-Polri untuk mengamankan jalannya debat capres-cawapres Pemilihan presiden 2019.

“Hampir 2.000 personil kombinasi TNI-Polri untuk amankan debat itu, dari mulai jalan yang akan dilalui ke tempat tentunya padat, lalin dan sabhara kita sediakan,” kata Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (16/1).