by

Livina Anyar Berhasil Melewati Penjualan Produk dari Pabrikan Jepang Ini

Livina Anyar Berhasil Melewati Penjualan Produk dari Pabrikan Jepang Ini

Bulatin.com – Hasil aliansi Nissan serta Mitsubishi, pada akhirnya menghasilkan satu produk baru untuk pasar Indonesia. Nissan manfaatkan basis Xpander untuk generasi paling baru Livina, yang sah di luncurkan pada 19 Februari 2019.

Nissan manfaatkan pabrik Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat untuk produksi Livina baru. Dengan detail, kedua mobil keluarga itu mempunyai keserupaan, dari mulai mesin sampai fitur-fiturnya. Tetapi, harga jualnya masih berlainan.

Walau beraliansi, Mitsubishi serta Nissan miliki taktik pasar berlainan. Livina di tawarkan dalam lima variasi, serta di jual dari mulai Rp198,8 juta sampai Rp261,9 juta. Sedang, Xpander ada delapan variasi di harga Rp206,1 juta sampai Rp260,9 juta.

Dengan penjualan, Livina nyatanya tidak semoncer Xpander pertama kalinya muncul. Menurut data Kombinasi Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan Low MPV Nissan dari pabrik ke diler di Maret 2019 cuma 2.435 unit.

Pada periode yang sama, penjualan Xpander sampai 8.115 unit, menempati rangking kedua menjadi MPV terlaris. Toyota Avanza kembali menempati rangking paling atas, dengan catatan angka 8.538 unit.

Walau ada diatas Livina, tetapi distribusi Daihatsu Xenia masih tetap dibawah Xpander. Pada bulan ke-3 tahun ini, mobil tujuh penumpang itu cuma laris 3.663 unit.

Selain itu, Honda Mobilio mesti menyerah kalah dari mobil andalan Nissan itu. Karena, semua variasi Mobilio? pada Maret cuma dikirim ke diler sekitar 1.558 unit.