by

Mengenal Lebih Dalam Tentang Halloween

Mengenal Lebih Dalam Tentang Halloween

Bulatin.com Setiap akhir Oktober, beberapa orang di semua dunia terutama benua Amerika serta Eropa rayakan Halloween dengan kenakan kostum-kostum seram, aneh, serta unik. Mengapa Halloween dirayakan serta apakah sebetulnya makna di balik perayaan ini?

Sebetulnya Halloween berawal dari festival pertanian Celtic, Samhain. Hari perayaan ini menandai akhir dari musim panen serta dimulainya musim dingin.

Waktu hasil-hasil panen jelek, beberapa petani yakin ada hari di manakah roh-roh dapat bangun dari kuburnya. Itu hari paling akhir di bulan Oktober, di manakah beberapa orang Celtic akan merayakannya dengan menyamar menggunakan baju untuk mengelabui serta mengusir beberapa roh jahat, mengharap dapat membuat perlindungan tempat mereka selama melawan musim dingin ke depan.

Dikutip dari situs ABC News, di era ke-8, umat Kristiani berupaya merubah perayaan penyembah roh. Paus Gregory III waktu itu menginformasikan tanggal 1 November ialah hari perayaan All Saints’ Day. Malam sebelum perayaan ini, dikenal menjadi All Hollow’s Eve.

Saat periode pertengahan, anak-anak serta rakyat miskin akan mengaplikasikan ‘souling’, di manakah mereka pergi dari rumah ke rumah minta sumbangan atau makanan dengan balasan doa menjadi penghormatan buat orang yang membukakan pintu.

Tradisi serta dongeng Halloween moderen pertama-tama masuk ke Amerika pada era 19 bertepatan dengan arus imigran Irlandia. Praktek memahat serta hiasi Jack-o-lanterns atau lampion labu adalah tradisi Irlandia menjadi penghormatan pada beberapa roh yang terjerat di api penyucian.

Menurut legenda, Stingy Jack berkeliaran di bumi, tidak dapat masuk ke surga atau neraka, cukup dengan membawa batu bara menyala di dalam lobak yang dipahat untuk menerangi jalannya. Sebab labu lebih gampang diukir dibanding lobak, ritual ini kemudian diadaptasi menjadi Jack-o-lanterns sampai membuat perayaan All Hollow’s Eve di Amerika sampai saat ini.

Sekarang, Halloween berkembang menjadi festival yang diakui dengan nasional di Amerika. Menurut National Retail Federation, lebih dari 179 juta orang Amerika berencana untuk mengambil bagian dalam kemeriahan ini pada tahun 2017. Baju Halloween anak sangat popular ialah action hero atau superhero, sementara orang dewasa kemungkinan pilih penyihir. Sedang 10 persen orang akan merias hewan peliharaan mereka dengan baju labu