by

Nagita Slavina Jadi Duta PON XX Papua Tuai Kritik Arie Kriting

Di postingan IG terbarunya, Arie Kriting sempat memberikan kritikan soal sosok Nagita Slavina yang dipilih sebagai Duta PON XX Papua. Ia berpendapat kalau harusnya yang menjadi Duta PON XX Papua adalah sosok yang juga berdarah Papua.

“Sebenarnya sudah sejak awal saya merasa ada yang janggal dengan hal ini, tetapi saya menunggu tanggapan dari saudara-saudari asli Papua terkait dengan hal ini. Penunjukan Nagita Slavina sebagai Duta PON XX Papua ini memang pada akhirnya dapat mendorong terjadinya Cultural Appropriation. Seharusnya sosok perempuan Papua, direpresentasikan langsung oleh perempuan Papua. Tapi kita juga menyadari bahwa kapabilitas Kak Nagita dalam membawa misi sosialisasi untuk PON XX Papua ini sangat dibutuhkan,” tulis Arie Kriting.

1. Postingan Arie Kriting

Arie Kritng sempat menyebutkan nama-nama public figure berasal dari Papua yang dirasa lebih pantas menjadi Duta PON XX Papua, seperti halnya Nowela atau Putri Nere.

“Solusi dari saya, Duta PON XX Papua harus tetap perempuan Papua. Angkat lagi salah satu sosok perempuan Papua, Nowela atau Putri Nere atau siapa yang dirasa memadai. Tokoh Perempuan Papua ini bisa mendampingi kaka Boaz Solossa sebagai Duta PON XX Papua. Kakak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bisa diposisikan sebagai sahabat Duta PON XX Papua karena jelas, kekuatannya untuk mendorong sosialisasi PON XX Papua ini sangat dibutuhkan,” sambungnya.

2. Happy Salma

Melihat postingan dari Arie Kriting tersebut, banyak selebriti yang ikut menyuarakan pendapat mereka. Di bagian kolom komentar, ada banyak artis dan public figure yang setuju dengan pendapat Arie.

“Betul sekali. Setuju,” tulis Happy Salma.

3. Hanung Bramantyo

Sosok sutradara kondang tanah air yakni Hanung Bramantyo juga ikut memiliki pendapat serupa. “Setuju banget,” ungkapnya dibarengi emoticon hati dan api.

4. Dian Sastrowardoyo

Aktris cantik Dian Sastrowardoyo juga ikut berkomentar di postingan Arie Kriting tersebut. “Hegemori Representasi,” tutur Dian.

5. Augie Fantinus

Tak ketinggalan ada pula sosok Augie Fantinus yang juga turut buka suara. ” Setuju banget. Semoga pendapat seperti ini bisa dilihat dari sisi positif dan tentu semangat cinta tanah air,” tulis Augie.

6. Cupink Topan

Ada pula sosok Cupink Topan yang juga sependapat dengan Arie Kriting. “Abang sependapat. Padahal banyak adik-adik public figure dari Papua, termasuk adik Arie Kriting,” ungkapnya.

7. Mama Alkatiri

Komedian Mama Alkatiri juga ikut berpendapat, “Harusnya Abdurrahim Arsyad laki-laki asli Bintuni itu yang jadi Duta PON mendampingi Kak Boaz.”

8. Didiet Maulana

Seorang desainer tanah air yang dikenal dengan karya-karya bernuansa lokalnya juga ikut menuliskan komentar. “Setuju bukan main,” tuturnya.

9. Nowela

Sosok Nowela Idol (@mikhelia), penyanyi cantik yang juga di-mention Arie Kriting di bagian caption ikut berkomentar. “Well said, kakak,” ungkapnya.