by

PDIP Puji Pemerintah Yang Ikut Lindungi Habib Rizieq

PDIP Puji Pemerintah Yang Ikut Lindungi Habib Rizieq

Bulatin.com Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memberikan pujian pada langkah pemerintah Indonesia yang mengikuti Rizieq Shihab waktu diperiksa otoritas keamanan Arab Saudi.

Walau Rizieq dikenal cukuplah vokal menyerang Presiden Jokowi, partai berlambang ‘banteng’ itu memandang pemerintah hadir serta tidak membiarkan masyarakatnya saat melawan proses hukum di negara lainnya.

“Pertolongan hukum yang diberikan pada Habib Rizieq adalah aksi pas. Karena membuat perlindungan seluruh bangsa serta semua tumpah darah Indonesia dijalankan jauh di atas ketidaksamaan memahami serta sikap politik,” kata Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, pada wartawan di Jakarta, Jumat 9 November 2018.

Hasto mengemukakan, apakah yang dilakukan pemerintah sekarang ini sama dengan ketetapan Megawati Soekarnoputri pada saat menjadi Presiden.

Saat itu, Megawati menampik ketetapan ekstradisi dari Amerika Serikat pada Abu Bakar Ba’asyir.

“Akan tetapi Presiden Megawati Soekarnoputri memberi jawaban tegas jika menjadi presiden pekerjaannya ialah membuat perlindungan masyarakat negaranya. Walau sebenarnya dengan politik kita ketahui, ada perbedaan tajam sikap politik di pada kedua-duanya,” kata Hasto.

“Oleh karena itu pada masalah Habib Rizieq, apakah yang dilakukan oleh pemerintah telah sejalan dengan konstitusi,” imbuhnya.

Hasto memandang masalah yang awal mulanya dijalani Rizieq dengan aparat hukum di Arab Saudi dapat diambil hikmahnya. Dia menjelaskan, jika seorang harus menghargai satu lambang atau bendera saat tinggal di negeri orang.

Seperti diketahui, kontrol pada pimpinan Front Pembela Islam itu dilakukan karena penemuan bendera berwarna hitam ke arah pada lambang pergerakan ekstrimis di kediamannya, Mekah.

“(Seperti di Indonesia) bendera merah putih itu yang dikibarkan, sama seperti dengan Arab Saudi, cuma mengibarkan satu bendera nasionalnya,” kata Hasto.