by

Pemerintah Berikan Bantuan Air Bersih Karena Kebakaran Merbabu

Pemerintah Berikan Bantuan Air Bersih Karena Kebakaran Merbabu

Bulatin.com Kebakaran hutan di lokasi Gunung Merbabu sudah sampai lebih dari 100 hektare. Peristiwa kebakaran itu turut mengakibatkan rusaknya pipa air bersih yang mengairi tiga dusun di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Untuk penuhi keperluan air bersih buat beberapa ribu masyarakat yang tinggal di kaki Gunung Merbabu, Pemerintah Kabupaten Semarang selalu mendistribusikan air bersih lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang.

Sekurang-kurangnya dua sampai empat tangki air bersih dikerahkan untuk penuhi keperluan masyarakat. Air bersih dituangkan dalam bak penampung punya masyarakat desa. Masyarakat mesti rela antre untuk memperoleh air bersih itu.

“Umumnya bawa serta tiga jeriken. Untuk minum serta masak saja. Jika mandi kita gunakan air dari pengairan ladang,” kata piranti dusun ditempat, Supriyono, Kamis 18 Oktober 2018.

Kebakaran yang terjadi lebih dari satu pekan ini membuat masyarakat Desa Batur mesti menggantungkan keperluan air bersih yang dipasok lewat BPBD. Kebakaran di gunung dengan ketinggian 3.145 mdpl itu sudah mengakibatkan kerusakan 250 meter lebih aliran pipa air masyarakat yang bersumber dari Gunung Merbabu.

“Pipa air yang rusak ini adalah sumber air buat masyarakat di Dusun Tekelan, Dusun Nglilo, serta Dusun Ngaduman. Jadi kita membantu masyarakat dengan supply air bersih,” kata Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha.

Selain itu, dari penilaian, titik api besar tidak tampak kembali di Gunung Merbabu. Tetapi, usaha pemadaman dengan menerjunkan tim gabungan masih dikerjakan. Usaha ini dikerjakan supaya bara api yang belumlah padam tidak memunculkan kebakaran.