by

Presiden Jokowi Akan Dikunjungi PM Malaysia

Presiden Jokowi Akan Dikunjungi PM Malaysia

Bulatin.com – Perdana Menteri Mahathir Mohamad akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada 28-29 Juni dalam lawatan resmi pertamanya ke negara Asia Tenggara usai dipilih sebagai kepala negara Malaysia yang kedua kalinya pada 10 Mei. PM Mahathir akan didampingi istrinya yakni Siti Hasmah Mohd Ali dan beberapa petinggi pemerintahan.

Pada kunjungan tersebut, PM Mahathir dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo dan memenuhi undangan makan siang bersama. Selain itu, PM Mahathir akan membuat sesi pertemuan dengan beberapa komunitas Malaysia yang berada di ibu kota.

Kunjungan itu diharapkan akan memberikan landasan baru untuk kedua pemimpin untuk menguatkan hubungan bilateral dan kerja sama kedua negara termasuk juga memberikan peluang untuk Malaysia memaparkan kebijakan serta pijakan terbaru dari pemerintah pada sejumlah gosip yang menguntungkan kedua negara.

Selanjutnya keterangan itu mengatakan, kedua pemimpin juga mempunyai peluang untuk bertukar pandangan mengenai gosip regional dan global sebagai kebutuhan bersama Malaysia-Indonesia.

Hubungan akrab kedua negara sudah berlangsung lama. Malaysia menganggap Indonesia sebagai salah satu negara sahabat yang penting.

Pada tahun 2017, nilai total perdagangan kedua negara terdaftar mencapai Rp255, 9 triliun, meningkat sebesar 22 % dibandingkan tahun 2016.

Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai rekan dagang Malaysia paling besar ketujuh secara global dan ketiga paling besar dalam lingkup regional ASEAN setelah Singapura dan Thailand.