by

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat ke Joe Biden dan Kamala Harris

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat pada Joe Biden dan Kamala Harris yang memenangkan Pilpres Amerika Serikat (AS). Jokowi pun berharap banyak pada Biden dan Harris untuk mempererat kerja sama antara Indonesia dengan AS.

Ucapan selamat itu diunggah Jokowi pada laman Instagram @jokowi. Jokowi turut menyertakan foto dirinya yang disambut Biden pada 27 Oktober 2015 saat lawatan ke Naval Observatory, Washington DC. Kala itu Biden menjabat sebagai Wakil Presiden AS mendampingi Barrack Obama sebagai Presiden AS.

“My warmest congratulations @JoeBiden and @KamalaHarris on your historic election. The huge turn out is a reflection of the hope placed on democracy,” ujar Jokowi dalam keterangan foto yang diunggahnya itu seperti dikutip, Minggu (8/10/2020).


“Look forward to work closely with you in strengthening Indonesia-US strategic partnership and pushing forward our cooperation on economy, democracy and multilateralism for the benefit of our two people and beyond 🇮🇩🇺🇸,” sambungnya.

Sebelumnya Biden bersama Harris mendeklarasikan kemenangannya di Chase Center, Delaware, AS pada Sabtu (7/11/2020) malam waktu setempat. Dalam siaran langsung di televisi setempat, terlihat ribuan pendukung Biden memenuhi lapangan Chase Center.

Deklarasi kemenangan dibuka oleh wakil presiden terpilih Kamala Harris. Dia menyampaikan sejumlah topik. Harris mengatakan dirinya adalah perempuan kulit hitam pertama yang menduduki gedung putih, meski demikian dia berharap bukan menjadi yang terakhir.

“Meskipun saya mungkin wanita pertama di kantor ini, saya tidak akan menjadi yang terakhir. Karena setiap gadis kecil yang menonton malam ini melihat bahwa ini adalah negara yang penuh peluang dan bagi anak-anak terlepas dari jenis kelamin Anda, negara kami telah mengirimkan pesan yang jelas: Bermimpilah dengan ambisi, pimpin dengan keyakinan,” kata Harris dalam pidatonya.

Pidato kemudian dilanjutkan oleh Biden. Saat Harris menghadirkan Biden, teriak penonton ramai bersorak. Perayaan kemenangan pun tampak pecah dengan teriakan itu. Biden juga menyampaikan sejumlah hal, terpenting adalah dia menyerukan persatuan dan mengajak pendukung Trump untuk bersatu.

“Saya berjanji menjadi presiden yang tidak mencari perpecahan tapi menjunjung persatuan,” kata Biden seperti dilansir CNN, Minggu (8/11/2020).

“Sekarang untuk Anda semua yang memilih Presiden Trump, saya memahami kekecewaan Anda malam ini. Saya sendiri telah kehilangan beberapa kali, tapi sekarang mari saling memberi kesempatan,” lanjut Biden.

Pidato ditutup Biden dengan mengutip lagu Katolik berjudul ‘On Eagles Wings’. Dia berharap lagu itu dapat menjadi penghiburan bagi warga AS yang kehilangan keluarga karena virus Corona.