by

Mantan Anggota EXO Kris Wu Ditangkap Polisi atas Kasus Perkosaan

Menyusul postingan Du Meizhu yang viral di Weibo mengenai perilaku kekerasan seksual yang dilakukan Kris Wu, polisi China mengungkap bahwa pada 31 Juli mereka sudah menahan artis tersebut karena dugaan kasus perkosaan.

Dalam sebuah wawancara dengan media China, Sina, seorang pengacara bernama Zhan Qi Huai memberikan pandangannya mengenai kasus tersebut. Dia mengatakan bahwa penangkapan ini akan berpengaruh pada masa depan Kris Wu.

Usai menjelaskan apa artinya ditahan oleh polisi, pengacara itu mengungkap fakta bahwa jika Polisi Chaoyang sudah menangkap Kri Wu, itu menandakan bahwa investigasi menunjukkan adanya bukti bahwa kejahatan itu sudah dilakukan.

“Sebuah kasus kriminal biasanya dimulai dengan seseorang melaporkann insiden ke agensi keamanan publik. Setelah menerima laporan, investigasi awal dilakukan dan orang yang melaporkan menerima pemberitahuan yang menjelaskan bahwa kasusnya sudah diterima. Ini bukan berarti kasusnya sudah diajukan. Kasus diajukan setelah investigasi awal mengindikasikan bahwa laporannya cukup substansial untuk agensi keamanan publik mengambil langkah lebih jauh untuk menginvestigasi, jadi memasukkan kasusnya adalah langkah pertama,” jelas pengacara itu dikutip Koreaboo.

Lebih lanju dia menjelaskan bahwa jika kasus sudah masuk, polisi akan melaksanakan investigasi dan mereka hanya membawa tersangka untuk ditahan jika di awal investigasi mereka memutuskan bahwa seseorang telah melanggar hukum dan butuh dihukum, atau ada kebutuhan untuk mencegah seseorang melakukan kejahatan lebih banyak atau membahayakan masyarakat. Atau, ada kebutuhan mencegah pelaku dari kemungkinan melarikan diri.

“Menjadi pelaku kriminal yang ditahan adalah bentuk menahan seseorang dan seringkali dilakukan di awal tahap dari investigasi kriminal,” lanjutnya.

Biasanya, kata dia, terduga pelaku dipanggil selama 12 jam dan ditahan di tahap paling akhir kasus ketika sudah berkembang dan menjadi sesuatu yang sah dan kompleks.

“Saat ini Kris Wu benar-benar ditahan, yang menandakan bahwa investigasi awal menunjukkan adanya bukti bahwa kejahatan telah dilakukan. Ini juga bisa menjadi langkah pencegahan dia melarikan diri, seperti pergi keluar negeri atau bersembunyi jadi investigasinya dan proses hukum tidak bisa dilakukan secara benar,” jelasnya.

Pengacara itu juga memaparkan apa yang membuat kasus Kris Wu lebih rumit dari yang lainnya. Dari sudut pandang hukum, kasus Kris Wu kemungkinan besar akan dipengaruhi oleh opini publik karena dia adalah selebriti dan figur publik.

Meski demikian, serumit apapun kasusnya nanti, Kris Wu akan disidangkan di China menurut hukum China. Menurut pengacara itu, kewarganegaraan Kanada tidak akan membuat sidangnya berbeda, karena persidangan dan vonis semua sama bagi warga China

“Jika dia hanya berbicara bahasa Inggris atau bahasa lainnya, dia mungkin akan mendapat penerjemah di persidangan. Tapi dia orang China jadi tidak akan ada perbedaan dalam bagaimana dia disidang, berdasarkan kewarganegaraannya,” kata pengacara itu.

Langkah berikutnya dalam kasus hukum Kris Wu adalah diperkirakan akan ditahan secara resmi, mendengar dakwaan jaksa, dan vonis melalui sidang. Meskipun prosesnya bisa memakan waktu hingga 6 bulan, pengacara itu yakin prosesnya akan dipercepat karena perhatian publik terhadap kasus ini.

Sementara itu, iklan dan kontrak Kris Wu mungkin akan terpengaruh oleh kasus ini dan hasil akhirnya, pengacara itu menekankan, akan ada kelanjutan proses hukum sipil untuk penggantian kerugiaan bisnis.

Iklan terakhri Kris Wu meliputi nama-nama perusahaan besar seperti Lous Vuitton, tencent, Porsche, dan Bvlgari. Sejak awak investigasi itu, sudah ada 14 kontrak Kris Wu yang dibatalkan.