by

PT KAI Lakukan Operasi Rekayasa Pola Pemberangkatan

PT KAI Lakukan Operasi Rekayasa Pola Pemberangkatan

Bulatin.com PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta akan melakukan percobaan rute operasi pemberangkatan 16 KA dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Sehubungan dengan adanya kegiatan Event Electric Jakarta Marathon kembali digelar untuk keenam kalinya, yang dilaksanakan di Gelora Bung Karno – Senayan pada Minggu, 28 Oktober 2018.

Daerag di sekitar Stasiun Gambir menjadi salah satu rute yang akan dilalui para peserta. Tentunya hal itu berpotensi menimbulkan kemacetan sehingga para calon penumpang KA yang berangkat akan kesulitan untuk mengakses Stasiun Gambir.

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo mengatakan, rekayasa pola operasi pemberangkatan KA diberlakukan pada 16 KA yang berangkat dari Stasiun Gambir pada hari ini yakni dengan Berhenti Luar Biasa (BLB) atau memberhentikan KA di Stasiun Jatinegara untuk proses naik penumpang.

“Biasanya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tak berhenti di stasiun Jatinegara, tetapi khusus hari ini akan distop juga di Stasiun Jatinegara untuk proses naik penumpang. Hal tersebut untuk memudahkan calon penumpang KA yang kesulitan menuju Stasiun Gambir, mereka bisa punya cara lain dengan naik dari Stasiun Jatinegara,” ujar Edy Kuswoyo.

Ia mengatakan, operasi rekayasa pemberangkatan KA ini dilakukan mulai dari keberangkatan KA 20 (Argo Parahyangan) keberangkatan pukul 05.05 WIB sampai dengan KA 34 (Argo Parahyangan Tambahan) keberangkatan pukul 12.35 WIB.

“Dengan adanya rekayasa pola operasi pemberangkatan KA dengan BLB tersebut, PT KAI juga telah menyiapakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di sana,” tuturnya.

Rekayasa pola operasi ini tidak akan berjalan dengan baik jika tanpa kerja sama dengan calon penumpang. Sehingga, PT KAI pun mengimbau agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperkirakan waktu keberangkatan KA-nya, sehingga tidak tertinggal.

Lain Hal, diingatkan kembali agar calon penumpang memastikan nama yang tertera pada tiket maupun kode booking sesuai dengan nama yang tertulis pada kartu identitas.