by

Rel Layang KA Di Sumut Direncanakan Bakal Beroperasi April

Rel Layang KA Di Sumut Direncanakan Bakal Beroperasi April

Bulatin.com – Jalan layang kereta api (KA) yang sedang dikerjakan di Medan hampir selesai. Trek ganda itu diperkirakan bisa dioperasikan pada April yang akan datang.

Petinggi Pembuat Prinsip (PPK) Balai Tehnik Perkeretaapian Lokasi Sumatera Sisi Utara, Fakhrul Rivai Hasibuan, mengatakan, pembuatan jalan layang itu telah sampai 96 %.

“Tujuan kita pembuatan tuntas di bulan Maret 2019. Akhir Maret atau di awalnya April 2019 bisa dioperasikan,” ucap Fakhrul, Jumat (25/1).

Susunan jalan layang itu sebetulnya sudah selesai. Waktu ini, kata Fakhrul, mereka masih lakukan finishing di Stasiun Besar Kota Medan. Mereka pun tinggal menempatkan rel selama 500 mtr. di lokasi Mandala dan 3 Km ke arah Pulo Brayan.

“Pemasang rel akan dikerjakan awal Febuari dan akan selesai Maret 2019,” jelas Fakhrul.

Sesudah tuntas, project itu masih mesti melakukan beberapa pengujian. “Tahapannya uji kelayakan dan uji safety, lalu uji beban pada jalan layangnya,” jelas Fakhrul.

Seperti diberitakan, jalan layang kereta api di Medan mempunyai panjang 10,8 Km, dari Pulo Brayan sampai ke Mandala. Jalan itu merupakan sisi dari jalan rel ganda yang sedang dibuat pada Medan-Bandara Kualanamu selama 26 Km.

Tidak hanya membuat lancar pergerakan kereta api, jalan layang itu diinginkan bisa kurangi kemacetan di Kota Medan. Keberadaanya akan menghilangkan belasan perlintasan KA sebidang di Kota Medan.